Minggu, 17 Maret 2013

4 hal yang ditanyakan di hari penghisaban

Saat masa hari penghisaban tiba, kita akan ditanya oleh Allah pada 4 hal
1. Umur
Bagaimana kita menggunakan umur yg telah diberikan oleh Allah? Bila mengacu usia Rosul 60 th, maka dari 60 th itu seberapa banyak kita gunakan tuk beribadah pada Allah?
Banyak dari kita yang jadi terlena dengan segala kemewahan dunia, hingga mereka lupa bahwa smua yang ada di dunia tu adalah ujian.

2. Ilmu yang kita peroleh
Islam mengajarkan kita tuk selalu maju dan mencari ilmu, bahkan Allah meninggikan derajatnya bagi orang2 yang berilmu. Disini kita akan dipertanyakan semua ilmu yg kita peroleh, apakah telah dipraktekan atau tidak? jadi jangan dikira ga akan ditanyakan, maka hati2lah kalau kita sudah mengetahui kebenaran tapi tak mempraktekannya. Tapi ini bukan berarti "yaa lebih baik ga usah cari ilmu ya"
bukan begitu. Kelak orang yg seperti itupun akan tetap disalahkan dan dimasukan ke neraka. Karena Allah telah mengirim rosul2 sebagai pembawa berita. dan tidak ada kompromi lagi.

3. Harta
Harta bisa menjadikan seseorang masuk surga tp juga bisa masuk neraka. Disini akan ditanyakan setiap sen uang kita berasal dari mana? dan untuk apa saja? Jika ingat ini, seharusnya kita takut memakan harta yang haram. Maka tak heran, dalam sebuah hadis, Rosul bersabda bahwa orang miskin (yg sholeh) itu masuk lebih cepat daripada orang kaya.  karena memang orang miskin tu ga ada hartanya. Maka berhati2lah dengan semua harta yg kita terima.

4. Anggota tubuh
Di sana kelak, yg bersaksi adalah semua anggota tubuh kita. mulut untuk apa, tangan, kaki. smua akan bersaksi. maka berhati2lah dalam bertindak di dunia, jangan sampai melakukan hal2 yang dimurkai Allah krn smua akan dipertanggungjawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar