Sabtu, 30 Maret 2013

Tafsir surat An naas-pembukaan


Asbabul Nuuzul
Menurt imam abdul Ar robi, al kurtubi dan al suyuti, sebab turun surat Annas krn disihirnya Rosulullah oleh orang yahudi yaitu Lafid bin akhsom. ‘abid bi humaid dan dinilai sahih oleh syeh salim al hilali syeh muhammad musa al lunaqof
Zaid bin arkham berkata “ seorang yahudi menyihir nabi, dan rosulullah SAW tersiksa. Bahkan dalam bukhari dan muslim sampai beliau merasa melakukan perbuatan yg tak dilakukan. Ketika Rosul dalam keadaan menderita, jibril datang dengan membawa Mu’awidataani (al falaq dan an nass), kemudian jibril berkata : Wahai muhammad, orang yahudi itu telah menyihir kamu dan media sihir nya ada di sumur anu(disebutkan namanya oleh jibril). Kemudian Ali diutus untuk mendatangi sumur tersebut untuk mengambil air sumur tersebut. Kemudian diperintahkan supaya ikatan2 supaya dilepaskan. Sambil membuka ikatan tersebut  Ali diminta membaca surat muawidaatani. Dan ali terus membaca sampai smua tali terlepas, setelah terlepas Rosulullah bangkit seperti tak terjadi apa2.”
Kronolologi
Imam al baihaqi, ada seorang diantara nabi yg turun masuk ke sumur, ternyata boneka ditaruh di bawah batu besar. Ternyata medianya itu diantranya adalah sisir dan rambut rosul yg jatuh. media itu jg ada boneka yg menyerupai rosul dan ditancapkan jarum2.  Dan ada jg buhul2(ikatan2) yg jumlahnya 11. Saat itu jibril dtg dg membawa muawidataani, “wahai muhammad Qul A’udzu bil robbil falaq, terlepas ikatan. Qul audzubiil nass. Sampai terlepas. Saat jarum itu dicabut, Rosul terasa sakiit.
Fadilah surat An naas
1.      Merupakan surat sebaik2 bacaan perlindungan
Ibnu ‘abis al juhani bercerita suatu saat Rosul bersabda “wahai ibnu ‘abis maukah kamu sy kasih tau bacaan paling baik untuk perlindungan? Kata ibnu ‘abis “tentu ya Rosul”. Maka Rosul bersabda “ Qul Audzubirobbil falaq dan qul audzu birrobinnas”
HR Ahmad dan dinilai sahih oleh syeh Al albani
2.      Tidak ada yg semisal dengannya
HR Imam muslim, rosul bersabda “taukah engkau bhw td malam telah diturunkan ayat2 yang tak semisal dengannya? Yaitu qul audzu birrobil falaq dan qul audzubirobinnas”
3.      Surat An naas merup surat yg paling utama
U’bah bin amr ra bercerita, pada suatu hari rosul berkata pada u’bah : “apa kamu tidak mau naik kendaraan sy? U’bah berkata sy segan tuk naik. Nabi tau dan menawari lagi “silahkan naik wahai u’bah”.  Kemudian nabi turun dan menggamit tangan u’bah tuk naik. Setelah naik nabi berkata : wahai u’bah maukah engkau sy ajarkan 2 surat yg paling mulia yg pernah dibaca oleh manusia? Kata u’bah kemudian rosul membaca, qul audzubirrobil falaq dan qul a’udzubirobinnas. Sesaat kemudian terdengar adzan dan rosul mengimami dan membaca surat tersebut.
Setelah selesai rosul berkata : bagaimana wahai u’bah? Wahai u’bah baca terus surat ini dalam keadaan terjaga atau tidak, dalam keadaan terbaring atau berdiri. 
HR An nasai sanad dinilai hasan oleh syeh al albani.           

Surat muawidzatain banyak diperintahkan untuk dzikir, terutama pagi dan petang masing2 3x.
Pagi hari dimulai dari masuk waktu subuh sampai terbit matahari
Petang dimulai masuk waktu ashar sampai matahari terbenam
Manfaat duniawi, kita akan dilindungi Allah di dunia. Dalilnya adalah :
HR imam abu dawud, dinyatakan hasan oleh syeh ibnu baas
Abdullah bin hubaid bercerita, pada suatu malam yang gelap gulita dan hujan, kami mencari rosulullah agar beliau mengimami sholat. Setelah mencari kesana kemari, kami temukan rosul. Begitu bertemu, rosul bertanya : apakah kalian dah sholat? Kamipun menjawab : “belum”. Rosul kembali bersabda :”Qul(ucapkanlah)”. Abdl bin hubaid,”sypun tak mengucapkan apa2 krn tak tau harus berkata apa.” Kembali rosul bersabda “ucapkanlah”. Abd bin hubaid pun diam. Kembali rosul bersabda “ucapkanlah”. Abdl bin hubaid berkata”apa yang harus diucapkan”. Rosul menjawab :ucapkanlah qul huwallah hu ahad dan muawidzataini. Ucapkanlah 3 surat ini setiap sore dan pagi 3x. akan melindungi dari segala sesuatu.
oleh : ustadz Abdullah Zaen, Lc.MA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar