Selasa, 02 April 2013

Pentingnya Doa

Doa adalah ibadah. bisa dikatakan doa merupakan senjata dari orang muslim. Dalam sebuah suratnya Allah bahkan berfirman " Berdoalah kepadaKU, niscaya akan Ku kabulkan"



Disini Allah menyuruh kita untuk berdoa, dan berjanji mengabulkan. Allah menyuruh kita meminta, padahal DIA tidak butuh kita. Karena Dia Maha Kuasa. Sangat mudah bagi Allah untuk memusnahkan umat ini dan diganti dg umat yg lain.
Dalam sebuah hadis qudsi
Wahai para hambaku, kalian semuanya sesat, kecuali orang yang akan AKU beri hidayah. Maka mintalah hidayah padaKU, niscaya AKU beri hidayah.
Jadi sesungguhnya secara umum. Kita sebenarnya sesat, kecuali yg diberi hidayah Allah.
Maka dalam hadis lain
 “barangsiapa diberi hidayah, maka tak akan sesat. Barang siapa yang sudah disesatkan oleh Allah maka tak akan yang bisa memberi petunjuk.
Tapi ini jangan menjadi dalil “wahh....aku dah ditakdirkan jadi maling.”
Yang dimaksud hadis ini, ada yg sudah ditakdirkan bhw si fulan hidupnya sesat sampai mati. Tapi siapa yang tau takdir kita?
Allah berfiman: (Hadis qudsi)
1.      1. Kami beritahukan pada mereka 2 jalan, jalan yang sesat dan benar
2.      2. Wahai para hambaku, seluruh kalian lapar kecuali yang aku beri makan.
3.      3. Wahai para hambaku, semua kalian tidak berpakaian kecuali yang aku beri pakaian.
4.     4. Wahai para hambaku, sesungguhnya kalian melakukan dosa siang dan malam dan AKU akan ampuni dosa semuanya.
5.        Seandainya manusia yang pertama sampai yang terakhir, manusia dan jin, semuanya  berkumpul di suatu tempat dan semuanya minta kepada ALLAH dan semua diberi. Itu tidak akan mengurangi kekayaanku serperti air laut yang diambil dengan jarum.
Hadis ini menggambarkan bahwa setiap urusan apapun, kita harus memohon kepada Allah. Apapun itu urusannya, baik dunia maupun akhirat. 

itulah gambaran begitu pentingnya sebuah doa, krn hampir tak ada manusia yang tak memiliki masalah. Sehingga jika ada orang yang tak berdoa, itu dikatakan bahwa orang tersebut sombong dan tak membutuhkan Allah lagi. Padahal Allah telah menyuruh kita.
Masihkan kita memerlukan Allah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar