Minggu, 27 April 2014

JANGAN JADIKAN RUMAH ANDA RUMAH HANTU



Semua orang tak ada yg ingin tinggal di rumah hantu. Dan hampir dipastikan smua orang menginginkan bahwa rumah yg dibangun itu adalah nyaman, tentram dan tenang. Namun sayang banyak mereka yg hanya memperhatikan masalah duniawi  saja, mereka tidak memperhatikan inti dari ketengan itu sendiri.
Ibarat orang mau mau makan, sudah disiapkan lauk dan sayurnya tapi nasi blum ada. Jadi inti ketenangan adalah ketenangan batin yg tinggal didalamnya. Blum tentu orang tinggal didalam rumah mewah akan tenang, blm tentu jg org yg tinggal di rumah reot hatinya tdak tenang.
Ketenangan sebuah rumah bersumber dari ketenganan orng  yg tinggal didalamnya. Caranya adalah dg memperbanyak ibadah dan memakmurkan rumah tsb dg hal2 yg diridhoi allah. 

1.      1.     Mengucapkan salam sebelum masuk rumah
    Banyak diantara kita jk masuk rumah tidak mengucapkan salam, kita hanya mengucapkan jika akan      bertamu saja.
Rosul bersabda,”ada 3 orang yg dijamin akan dijaga oleh allah, yg ketiga adalah orang yg memasuki rumahnya dengan memasuki salam(HR abu dawud) dinyatakan sahiih oleh al hakim dan al nawawi menyatakan hasan
Mengucapkan salam itu  diucapkan entah didalamnya ada orang ataupun tidak.
Surat an nuur;61
“bila kalian memasuki rumah2 maka hendaknya mengucapkan salam untuk dirimu sendiri”
Dari ayat ini para imam besar berkesimpulan bahwa kita mengucapkan salam entah ada orangnya atau tidak.
Jika tak ada orang Redaksinya kt ibnu omar “assalamu’alaina wa’alaibadila hissoliihin”.
2.       Baca bismillah jika akan masuk.
Ketika mengucapkan bismillah, maka syaitan tidak akan bisa masuk. Kata syetan “kita tak bisa masuk malam ini”. Tp jk kita masuk tak mengucapkan bismillah, syetan berkata,”kita mendapat penginapan gratis malam ini”.(HR muslim)

3.       2.  Mengucapkan bismillah saat menutup pintu dan perkakas rumah
     Perkakas rumah itu spt ceret, panci,wajan. Menutup pintu dan jendela biasanya kita lakukan jika malam hari, jika kita nutup pintu  saja maka Cuma syetan manusia sj yg ga bisa masuk tapi syetan jin tetap bisa msuk. Bagaimana menahannya? Saat menutup pintu atau jendela bacalah bismillah.
Rosul bersabda,”kalau hari mulai gelap, maka tahanla anak2 kalian jangan biarkan anak kalian keluyuran,karena ketika matahari terbenam. Kalau sudah lewat sebagian malam, boleh keluar. Kuncila pintu kalian dg mencupakan bismillah, krn syetan tidak bisa membuka pintu yg dikunci dg ucapan bismillah.tutuplah bejana, teko kalian dg mengucapkan bismillah. Walau tidak menemukan tutup, ditaruh diatasnya dan bc bismillah. Dan matikanla lampu kalian (HR bukhari muslim).
Hikmah ditutupnya bejana adalah menghindari binatang, wabah dan syetan.
Rosul bersabda, dalam satu tahun allah ada satu hari menurunkan penyakit menular

4.      3.  Memakmurkan rumah dengan membaca al quran
   Rosul bersabda,”sesungguhnya telah menulis kitab, 2000 tahun sebelum diciptakan langit dan bumi, dari kitab itu allah menurunkan 2 ayat penutup surat al baqoroh(ayat 285 dan 286k).
Khasiatnya kata rosul, jk dibaca 3 malam berturut2 maka syetan tak berani mendekat.
HR tirmiddzi dinyatakan sahih oleh al hakim dan syeh al albany
Rosul bersabda, jangan jadikan rumah kalian spt kuburan, syetan itu akan lari dari rumah yg dibacakan surat al baqoroh.
Memakmurkan rumah adalah jg denganmelakukan ibadah2.. spt sholat.
Rosul bersabda, lakukan sebagian sholat kalian dirumah dan jadikan rumah kalian seperti kuburan (HR bukhari)
HR ibnu khuzaimah sahih
Rosul bersabda, sebaik2 sholat kalian adalah sholat yg dilakukan dirumah kecuali sholat wajib.
Jadi jika kita tdk melakukan hal2 diatas, maka rumah kita berarti rumah hantu. Banyak dari kita lebih suka menyenandukna lagu2 diluar al quran, padahal itu dilarang keras oleh rosul,
HR al hakim disahihkan oleh tirmidzi dan syeh al Albany
Rosul bersabda, aku melarang 2 suara yg keji, suara senandung sia2 suara permainan dan seruling sytan, suara ketika ada musibah memukuli wajah,meratap merobek2 baju.
Dari sini kita mengetahui bahwa rumah tak utk ibadah adallah kuburan, dan logikanya di kuburan tidak boleh membaca al quran. Krn kuburan bukan tempat utk ibadah. Ini disimpulkan oleh beberapa ulama besar diantaranya imam ibnu fattol al bawawi, ibnu hajar asqoolani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar