Selasa, 19 Agustus 2014

SURAT AL KAUTSAR

MUQODIMAH
Ini merupakan surat terpendek dilihat dari jumlah kata2nya. Dari segi jumlah ayat, ada surat yg sama ayatnya yaitu, al ashr dan an nashr. Tapi berbeda dari segi jumlah katanya.
Mari kita flash back sembentar, melihat bagaimana ibadah nabi.
Abu sa’id al kudry, sy mengunjungi nabi saw disaat sakit menjelang wafatnnya, dan beliau sedang sakit parah. Saat sy sudah dihadapan nabi, sy letakkan tangannya di atas tubuh nabi yg tertutupi selimut tebal, dan terasa sangat panas. (HR ibnu majjah) disahihkan oleh al mudzi
Ummul fadl rodhiallahu ‘anha, diceritakan dalam keadaan sedemikiian parah nabi tetap keluar untuk menjalankan sholat berjamaah, dalam keadan keluar mengikat kepalanya. Kemudian beliau sholat maghrib mengimami para sahabatnya. Nabi membaca surat al mursalat (50 ayat) HR tirmidzi dinilai hasan sahih oleh beliau.
Aisyah rodhiallahu ‘anha, nabi itu sholat malam sampai kedua kakinya bengkak.
Ini menunjukkan betapa ibadah rosulullah itu sangat khusuk…dan bersungguh2.
NAMA-NAMA SURAT AL KAUTSAR
Ada 3 nama dari surat al kautsar
1.       Surat al kautsar
Ini tertulis hampir di sebagian besar mushaf al quran dan buku2 tafsir
2.       Surat Inna a’thoina kalkautsar
Imam bukhari menamakan surat ini dg nama ini dalah sahih bukhari
3.       Surat Anahr
Surat yg berbicara ttg kurban
AZBABUL NUUZUL
Orang2 kafir dan musrikin mekah dalam mendeskriditkan nabi, membuat propaganda2 negatif, diantaranya adalah :
1.       Para pengikut nabi adalah orang2 pinggiran, orang2 kecil.
Sehingga mereka mengatakan bahwa agama nabi Muhammad itu jg agama yg kecil. Kt imam abu hayyan ra, pengikut para nabi itu orang2 kecil krn pikiran mereka tidak dipenuhi dengan masalah dunia. Sehingga mereka lebih mudah menerima.
Beda dengan para pembesar, mereka kalau ada paham yg baru, mereka akan berfikir untung ruginya.
2.       Saat putra nabi satu persatu meninggal saat masih bayi dibawah 2 th.
Sehingga mereka mengatakan nabi itu orang yg terputus, tak py keturunan
Putra nabi itu ada 7; Al qosim, zainab,ruqoyah,ummu kulsum,Fatimah,Abdullah, Ibrohim.
Dan seluruh putra beliau lahir dari siti khatidjah, kecuali Ibrohim yg lahir dari istri beliau mariyah al ibtiyah. Dan seluruh putra beliau meninggal sebelum beliau meninggal, kecuali Fatimah. Itupun beberapa bulan kemudian setelah nabi meninggal, fatimahpun meninggal.
3.       Setiap kaum muslimin tertimpa musibah maka mereka akan senang.
Mereka berkata, bahwa agama Muhammad itu sesat, buktinya itu mereka tertimpa musiibah. Dan sebentar lagi habiss…
Maka untuk menangkal propaganda orang kafir, `alllah menurunkan surat al kautsar.
KEUTAMAAN SURAT AL  KAUTSAR
Sec umum, Surat al kautsar adalah bagian dari al quran. Adapun keutamaan sec khusus tak ada hadis sahih yg mengutarakan. Memang ada hadis yg menerangkan keutamaan surat al kautsar dari imam baighowi, tp hadis ini dinilai dhoif oleh para ulama.
“barang siapa membaca surat al kautsar maka Allah akan memberi minum dari seluruh sungai di surga, dan akan dituliskan untuknya 10 pahala sebanyak hewan yg  disembelih oleh para hamba di hari idul adha.”
Tp sekali lagi itu hadis DHOIF atau lemah.
MOMEN PEMBACAAN SURAT
Tak ada dalil khusus yg shahih yg menyatakan bahwa surat al kautsar harus dibaca pada saat2 tertentu seperti surat an nass atau al falaq.
Menurut jumhur ulama, surat al kautsar adalah Makiyah.
KANDUNGAN GLOBAL
Sec global surat ini merupakan peringatan Allah pada nabi, begitu banyak nikmat allah yg diberikan.
Pada ayat pertama, Allah berfirman bahwa telah diberikan pada rosulullah nikmat yg besar,
Di ayat ke dua, maka allah menyuruhnya untuk bersyukur dengan sholat dan berkurban
Di ayat ketiga, Allah menjelaskan bahwa sesungguhya orang2 yg membencimula yg terputus. Secara implisit, mengisyaratkan bahwa orang2 yg beriman itu pasti banyak sekali godaannya. Maka allah menjamin bahwa org yg membenci itulah yg sesungguhnya terputus.
Bagaimana aplikasi dalam kehidupan sehari2?
1.       Kita harus selalu mengingat bahwa nikmat Allah itu sangat amat banyak.
Kt imam ibnu qoyim, ada 5 katagori org ttg rasa syukur akan nikmat
a.        org yg tak sadar akan nikmat maka itu tidak bersyukur.
b.      Orang yg sadar dia banyak nikmat tapi dia tak tau siapa yg memberi, itu jg manusia yg tak bersyukur.
c.       Orang yg sadar akan nikmat dan tau siapa yg memberi nikmat tapi dia tidak mau mengakuinya, itu jg tidak bersyukur.
d.      Orang yg sadar akan nikmat, dan tau siapa yg memberi nikmat, tapi dia tdk mau tunduk akan syariat allah, itu tak bersyukur.
e.      Orang yg sadar akan nikmat, dan tau siapa yg memberikan serta tak mengingkarinya dan mau tunduk pada syariat itulah yg dinamakan bersyukur.
Sering kita memahami yg namanya nikmat itu hanya berupa harta, kita tak sadar bahwa smua yg kita miliki itu adalah nikmat. Ada sebuah kisah…..
Ada seorang miskin berkeluh pada yunus bin ubaid. “ya yunus, sy itu miskin terus tak pernah kaya”.
Yunus bin ubaid berkata,”wahai seandainya ada orang datang ke rumahmu mau membeli mata kamu 100 juta, akankah kamu memberikan? Atau kalau tidak telinga kamu dengan harga 100 jt, kaki 100juta, tangan 100 jt? Tak taukah itu bahwa kamu itu adalah milyader lihatla apa yg kamu punya.
Allah berfirman,”seandainya kalian berusaha menghitung nikmat allah, niscaya kalian tidak akan bisa menghitungnya( an nahl;18)
2.       Syukurila nikmat allah dengan beribadah
Menysukuri nikmat itu ada syukur dengan hati, dengan lisan, dan dengan praktek dan inilah rasa syukur yg paling tinggi.
Dalam surat saba;18
“wahai daud bersyukurla dengan praktek”
Kalau hanya syukur dengan hati atau lisan, sangat banyak orang mampu melakkukan, tp syukur dengan praktek sangat jarang bisa dilakukan.
3.       Org yg ingin masuk surga pasti ada tantangan dan cobaannya
Surat al baqoroh;214
“apakah kalian pikir kalian akan masuk surga? Padahal kalian itu belum ditimpa dengan sesuatu yg allah timpakan pada orang2 sebelum kalian. Mereka ditimpa dengan kemiskinan, penderitaan dan mereka digoncangkan dengan berbagai cobaan”.
Pernah  rosul ditanya oleh seorang sahabatnya
“wahai rosul, siapakah yg cobaannya paling berat?”
Rosul berkata,” Para nabi, berikutnya para sahabat nabi, kemudian adalah generasi yg paling mulia setelah para sahabat. Seseorang akan diuji allah sesuai dengan kadar ketaatannya, seandainya agamanya kuat maka cobaan akan berat, seandainya agamanya pas pasan maka ujian akan disesuaikan dengan ketaatannya.
Seorang hamba yg keimanannya sangat tinggi akan terus diuji oleh allah sempai kemudian dia berjalan di muka bumi tanpa dosa sedikitpun. Karena allah ingin dia bersih suci. (HR tirmidzi) dinyatakan hasan sahih oleh beliau

AYAT 1; INNA A’THOINA KALKAUTSAR


Inna a’thoina ka = sesunggunya KAMI telah memberikan kepadamu
Disini allah menyebut dirinya KAMI, ini bukan brarti allah jamak, tp menunjukkan kebesaran allah. Selain itu kata para ahli tafsir, sesuatu yg disebutkan sesudahnya adalah sesuatu yg besar dan tidak remeh.
A’thoina ka= telah memberikan kepadamu
Berarti Allah telah memberikan kepada rosul kalkautsar, walau itu blm terjadi. Tapi itu menunjukkan kepastian bahwa itu pasti terjadi.
Al Kautsar sec bahasa adalah sesuatu yg banyak, yg agung, yg py kedudukan tinggi.
Dalam mengartikan al kautsar, para ahli tafsir berbeda pendapat, kt imam al kurtuby ada 16 pendapat. Tapi ada 2 pendapat yg didukung oleh hadis yg sahih.
1.       Al kautsar adalah sungai disurga
2.       Al kautsar adalah telaga di padang masyar
Imam at tobari dan al kurtuby memilih pendapat ini
Anas bin malik, suatu hari manakala rosul berada di tengah2 kami, beliau mengantuk sejenak. Ketika bangun beliau mengangkat kepala sambil tersenyum. Maka para sahabat bertanya,”apa yg membuat kamu tertawa wahai rosul”.
Rosul menjawab,”tadi ketika sy mengantuk, diturunkan sebuah surat.  Kemudian beliau membaca inna a’thoina kalkautsar…..sampai selesai. Taukah kamu apa itu al kautsar?
Para sahabat “allah dan rosulnya yg tahu”
Rosul bersabda,”sesungguhnya al kautsar adalah sebuah sungai yg telah allah janjikan di surga, didalamnya ada kebaiikan yg sgt banyak. Al kautsar adlah telaga yg akan dikunjungi para umatku di hari kiamat. (HR Muslim)
Menurut rosul, al kautsar itu adalah sungai dan telaga. Kata para ulama, telaga yg ada dipadang masyar airnya berasal dari sungai di surga.
HR muslim
Rosul bersabda,”Air mengalir dengan deras ke dalam telaga tersebut melalui 2 pancuran dari surga. Pancuran 1 dari emas, pancuran ke 2 dariperak.
HR bukhari
Rosul bersabda, Makala aku sedang berjalan2 disurga, tiba2 aku melihat sungai yg tepinya ditutup kubah dari permata, maka aku bertanya pd malaikat jibril,”apa ini?”
Jibril menjawab,”inilah al kautsar yg allah berikan kepadamu”
HR abu dawud
Malaikat itu memasukan tangannya kedasar sungai tsb, dan dari tangan tsb keluar pasir dari misk.
HR muslim
Al kautsar adalah sungai di surga tepinya berasal dari emas, dan airnya mengalir di atas permata dan yakut, pasir yg didalamnya lebih harusm dari minyak misk dan airnya lebih manis dari madu, dan lebih putih dari es.
Telaga
Telaga di padang masyar itu banyak sejumlah para nabi,
Rosul bersabda, sesungguhya tlaga di padang masyar itu banyak, sejumlah para nabi. Para rosuli masing2 membanggakan siapa telaganya yg paling banyak dikunjungi.dan aku berharap bahwa telagakula yg paling banyak pengunjungnya (HR tirmidzi) sahih oleh syeh al Albany
Hr ahmad sahih ibnu hiban dan syeh al albani
“jumlah para nabi adalah 124.000 nabi.”
Rosul bersabda, telagaku itu sepanjang 1 bulan perjalanan, ukuran setiap sisinya sama.
Krn yg minum itu sgt banyak, maka dibutuhkan gelas yg banyak. Dan kata nabi gelasnya itu sejumlah bintang2 dilangit. HR ahmad sahih oleh al hakim
Dan yg luar biasa adalah yg akan melayani kita itu adalah rosulullah sendiri.
HR bukhari muslim
“akulah yang akan mendahului kalian di telaga, dan akulah yg akan melayani kalian”
Sifat airnya
Rosul bersabda, air al kauttsar lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, lebih dingin dari es, lebih harum dari minyak misk. Dan barang siapa yg meminum satu teguk saja dia tidak akan haus selamanya.
Siapa orang2 yg terhalang tak boleh minum?
Hr bukhari muslim
Rosul bersabda, akan datang kepadaku org yg kukenal dan mrk mengenalku, dan mereka dihalangi. Rosul berkata,”mereka adalah umatku”
“wahai Muhammad engkau tidak tau apa yg mereka ada2kan setelah mereka meninggal dunia”
Rosulpun berkata,”menjauhlah2..orang2 yg suka mengubah2 agama setelah sepeninggalku.”
Mengubah agama disini bisa secara total (murtad) atau parsial (bid’ah). Jadi ini baru dipadang masyar saja sudah ditolak oleh rosulullah, belum sampai di penghisaban. BERIBADAHLA SESUAI DENGAN TUNTUNAN ROSULULAH,, JANGAN CUMA MENGIKUTI KEBIASAAN, ADAT, DARI NENEK MOYANG!!!!
Rosul bersabda, “barang siapa melakukan amalan yg tidak sesuai tuntunanku maka amalan itu akan ditolak”
Seorang ahli tafsir dari kalangan sahabat, ibnu ‘abbas ra, dia adalah orang yg sangat tersohor dan tak diragukan. Krn diala yg didoakan langsung olleh rosul. “ya allah pahamkanlah agama ini pada ibnu abbas, dan ajarkanlah tafsir”
Ibnu abbas py penafsiran berbeda, dalam HR bukhari
Ibnu abas berkata, al kautsar adalah keistimewaan kebaikan yg allah limpahkan kepada nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam.
Terlihat itu sedikit berbeda,tp sebenarnya tidak bertentangan dg tafsir nabi. Kt para ulama krn sungai dan telaga itu adalah jg merupakan kebaikan yg allah berikan pada nabi. Jd penafsiran ibnu abbas adalah sama dengan penafsiran nabi.
Apa saja kelebihan yg allah berikan pd nabi?
Sec garis besar keistimewaan nabi dibagi jadi 2; Keistimewaan yg khusus dimiliki oleh nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam saja dan keistimewaan yg dimiliki oleh nabi Muhammad dan nabi lainnya tp tidak dimiliki oleh manusia.
1.       Keistimewaan yg dimiliki hanya oleh nabi
a.       Tempatnya di dunia
Contohnya; nabi diutus untuk seluruh manusia dan jin. Sedang nabi yg lain hanya diutus untuk golongannya saja.
Surat ibrohim;4
HR bukhari muslim
Rosul bersabda,”aku telah dikaruniai allah 5 keistemwaan yg aallah blum pernah karuniakan selain aku, yg ke 5 para nabi sebelumku allah utus utk kaumnya saja adapun aku diutus untuk seluruh manusia sampai akhir jaman”
Rosul bersabda,”siapapun yg mendengar bahwa aku diutus utk sluruh umat entah itu yahudi ataupun nasrani, dan dia tidak mengikuti risalahku maka dia masuk ke neraka”
Dalil nabi diutus utk jin
Surat al furqoon ; 1
“maha suci allah yg telah menurunkan alquran pada hambanya (nabi Muhammad) agar nabi bisa memberi peringatan selluruh alam”
Kata imam al kurtuby, maksud seluruh alam adalah manusia dan jin. Banyak hadis yg membuktikan bhw rosul berdakwah pd jin
Suatu ketika pada malam hari para sahabat kebingungan krn nabi ga ada, tp kemudian tiba2 nabi datang.
“darimana engkau wahai rosul”
Saya baru saja berdakwah pada jin. Dan setelah dillihat memang ada bekas api2 tempat duduk jin.
Nabi memiliki mukzizat yaitu dibellahnya bulan.
Ibnu mas’ud bercerita,”pada zaman nabi bulan pernah terbelah jadi 2, setangah di atas gunung setengah dibawahnya. Rosul berkata“lihatla para manusia”
Tapi tetap saja mereka tidak beriman, bahkkan mereka mengatakan itu adalah sihir.
Surat al qomr;1-3

b.      Tempatnya di akhirat
Contohnya
Nabi adalah orang yg pertama kali dibangkitkan dari kubur dan beliau adalah org yg pertama masuk surge
Rosul bersabda, aku adalah manusia yg pertama kali dibangkitkan pada hari kiamat dan aku katakan ini bukan krn sombong. Danpada hari kiamat nanti akulah yg membawa panji pujian dan aku katakana bukan krn sombong. Dan aku adalah pemimpin seluruh manusia di hari kiamat dan aku katakana bukan krn sombong. Dan aku adalah manusia yg pertama kali masuk surge dan aku katakana bukan krn sombong. Rosulpun bercerita bhw nabi berjalan ke pintu surge, dan memegang gagang pintu surge. Saat memegang itu, malaikat bertanya”siapa kamu?” rosul menjawab; “Muhammad”
Malikat”kami diperintahkan untuk tidak membuka pintu surge selain oleh engkau wahai Muhammad”
Ketika msk surge dan melihat Allah, maka nabi bersujud. Kemudian allah berfirman”wahai Muhammad angkatla kepalamu dan bicaralah engkau akan didengar
HR ahmad sahih olehsyeh al Albany
2.       Keistemawaan utk nabi Muhammad dan para nabi lainnya
Contoh ; tubuh para nabi tidak akan hancur
HR abu dawud sahih oleh al hakim, ibnu khuzaimah, ibnu hibban
Rosul bersabda,”sesungguhnya hr yg paling istimewa adalah hari jumat, maka perbanyakla membaca salawat. Krn salawat yg kalian baca akan dilaporkan padaku. “ya rosul, bagaimanamungkin sholawat kami disampaikan padamu, krn saat itu tubuhmu sudah hancur”
Sesungguhnya allah telah mengharamkan tubuh para nabi atas bumi
Namun sayaNG, ada sebagian orang yg menyimpang dalam meceritakan keistimewaan nabi dan mereka terbagi jadi dua.
1.       Mereka yang menceritakan keistmewaan nabi tanpa dalil yang kuat
Contoh2 para sufi, akan kami contohkan 5 , dan tiap keyakinan itu saling terkait satusama lain.
a.       Mereka meyakini nabi diciptakan dari cahaya allah
b.      Mereka meyakini sluruh alam semesta diciptakan dengan cahaya nabi
Itu terkenal dengan ajaran NUR Muhammad, ini sangat menyesatkan.  Mereka berdasarkan pada hadis palsu. Adalah pakar hadis dari ulama sufi sendiri  Abdullah ibnu siddiq al humari.
“hadis ini palsu, dan hadis ini jelas beraroma sufi”
Dan keyakinan ini lebih menyesatkan lagi, kalau nabi Muhammad diciptakan dari cahaya, berarti nabi Muhammad itu bukan manusia. Krn manusia itu diciptakan dari tanah,
Surat ar ruum 20 dan surat fatir ; 11
Dan lebih jauh lagi, itu akan membuat keyakinan “widatul wujud”, yg berarti kita iitu merupakan bagian dari allah. Karena kita merupakan bagian dari cahaya allah.
c.       Mereka meyakini setellah wafatnya nabi , beliau masih bisa mendengar dan mengabulkan doa para manusia.
d.      G
2.       Mereka mengingkari dalil2 dan hadis2 ttg keistimewaan nabi

Ayat 2 ; fasholli li robbi kawanhar

“sholatla dan berkurbanla padaKU”
Pada ayat kedua ini Allah menyuruh kita untuk bersyukur, yaitu dengan cara sholat dan berkurban. Sholat adalah ibadah amaliah yg utama, sedang berkurban adalah  ibadah maliah yaitu harta yg paling utama.
Fasholli li robbika=sholatla untuk robbmu
Menurut imam ibnu katsir disini yg dimaksud adalah sholat hanya untuk Allah. Karena sholat yg murni hanya untuk allah itula yg akan mengantarkan kita ke surga. Sholat yg diminta allah adalah sholat yg berkualitas, yaitu sec lahir kita tuma’ninah dan sec batin kita khusu’ ikhlas krn allah.
HR imam abu daud dinyatakan shahih oleh imam ibnu khuzaimah dan syeh al albani
Rosul bersaba, setiap manusia yg berwudhu dan dia menyempurnakan wudhunya kemudian sholat 2 rakaat dengan hati dan mukanya orang tersebut bertotalitas, orang yg seperti itu pasti masuk surga.
Kata para ulama, hati = amalan batin, dan muka amalan lahir.
Makanya kalau ada sahabat nabi yg tidak sempurna dalam berwudhu, rosul bersabda “Celakalah mata kaki yang tak terkena air wudhu”.
Sholat yg kita lakkukan banyak diantaranya hanya karena sebuah rutinitas, tanpa kehadiranhati. Dan sesuatuyg dialkukan hanya krn rutinitas biasanya akan banyak kesalahan yg dilakukan.
Surat an nisa’142
“sesungguhnya kaum munafikin menipu allah, padahal sesungguhnya allahla yg menipu mereka. Manakala mereka melakukan sholat, mereka melakukan dalam keadaan malas,riya dan mereka tidak mengingat allah kecuali sebentar.”

Ada seorang arab badui sholat 2 rakaat, kemudian ingin bersalaman dengan nabi, maka nabi berkata “kembali kamu, kamu belum sholat”. Si arab badui itu kembali sholat, dan kemudian ingin bersalaman, maka nabi kembali berkata “kembali kamu, kamu belum sholat.  Siarab itupun kembali sholat, dan kembali akan bersalaman dengan nabi, nabi berkata lagi, “kembali kamu, kamu belum sholat.” Kemudian si arab itu berkata, ya rosul, sy tidak tau, yang saya tau sholatnya itu sept yg saya lakukan. Maka rosulpun mengajari dengan lemah lembut, kalau sholat harus tuma’ninah, betul gerakan sholatnya.
WAN HAR = BERKURBANLA UNTUKU
Yg dimaksud nahr kata sebagian ulama diantaranya imam ibnu katsir adalah berkurban. Berkurban disini bukan hanya kita perbanyak dari segi kuantitas tapi juga segi kualitas. Segi kualitas dari segi niat , Yaitu apa motivasi kita dalam berkurban?
Dalam ayat ke dua ini, terdapat 2 perintah dari Allah yaitu sholatla untuk Allah dan berkurban. Pada kedua perintah itu ada perbedaan, yaitu ketika allah memberi perintah sholat maka untuk allah, tapi ketika perintah berkurban….allah tidak menyatakan langsung untuk allah.
Ini bukan berarti kita berkurban tak perlu iklash, tapi penempatan WAN HAR yg diletakkan setelah FASHOLLI… ini membuktikan secara implicit selain sholat utk allah jg berkurban untuk allah.
Ini dikuatkan dalam surat al an’am 162-163
Artinya, katakana wahai Muhammad, sesungguhnya sholat, kurbanku(ibadah), hidupku, matiku untuk allah,Tidak ada sekutu buat Allah.
Sekarang mari kita kaji, apa motivasi kita dalam berkurban? Benarkah untuk allah atau untuk motivasiyg  duniawi?
Diantara motivasi duniawi adalah mereka takut dan malu pada tetangga klo ga kurban, atau mengikuti trend. Juga  berkurban hanya untuk mempertahankan posisi di anggota dewan. Ada yg tak malu sampai memanggil wartawan, untuk meliput qurban yg dia lakukan.
Bukan qta ga boleh menampakkan ibadah kita, dalam surat an nisa 149 disebutkan bahwa menampakkan ibadah boleh dg tujuan agar orang lain melakkukan spt yg qta lakukan. Tapi bukan perkara mudah menjaga niat agar tetap lurus, bisa jadi niat awal  lurus tapi kemudian berubah menjadi tak lurus.
Dalam islam ada beberapa ibadah yg memang diharuskan ditampakan, spt sholat, adzan.
Qurban adalah ibadah, tapi ini jg bisa menjadi dosa besar yg tak terampuni. Banyak qurban seperti sedekah bumi, yg jelas2 dipersembahkan untuk selain allah sangat tumbuh subur. Mereka berdalih itu adalah budaya…
Padahal perbuatan berkurban untuk selain allah itu merupakan perbuatan syirik.
Rosul bersabda, allah melaknat orang yg menyembelih selalin allah (HR muslim)
Maka imam al nawawi rahimatulullah menyatakan menyembelih untuk selain allah itu hukumnya haram, dan kata beliau ulama madzab syafii itu sepakat atau satu kata.
Sangat lucu ketika mereka menyembelih, lisannya baca “bismillah” tapi kemudian mempersembahkan sembelihan untuk selaih allah.
HR bukhari
Rosul bersabda, amal itu dilihat dari niatnya
Kata kholil dalam mukhtasolnya, ketika seorang hamba ada perbedaan antara yg di lisannya dan di hatinya maka yg dianggap adlah apa yg ada dalam hati.
Maka kata imam ibnu katsir menyatakan bahwa walau orang menyembelih dengan baca bismilah kalau itu dipersembahkan pada selain allah, itu tetap syirik.

Ayat 3 : Inna syaaniaka huwal abtar

”sesungguhnya orang2 yg membencimu adalah orang yang terputus”
Ayat ini turun krn pada masa itu, para kafir mengejek rosul ketika rosul baru saja kehilangan putranya. Mereka mengatakan muhammad telah terputus.
Pertanyaannya : apa hubungannya antara ayat ini dengan ayat sebelumnya yaitu perintah sholat, berkurban?
Krn biasanya orang yg menjalankan perintah2 Allah, itu akan diuji. Untuk itulah Allah berkata pada rosul bahwa orang yg membencimu adalah orang terputus, bukan kamu yg terputus.
Orang yg membenci rosul, dalam beberapa riwayat disebutkan : al ‘ash bin wakil.
Al ‘ash mengejek nabi dg kata2 “ABTAR”(yg terputus), ini adalah ejekan pada orang yg tak py keturunan.
Putra2 nabi ada 7 total :
A…………., ZAENAB, RUQOYAH, UMMU KULTSUM, FATIMAH, ABDULLAH,IBROHIM.
Dari 7 anak itu smua meninggal ketika masih bayi kecuali fatimah. Fatimahpun meninggal beberapa saat setelah nabi meninggal.
Allah membuktikan firmanNYA, maka al ash itu terlupakan oleh sejarah. Hilang tak berbekas, tanpa ada oran g yg mengenal. Walau al ash itu py keturunan, tp alhamdulillah…..keturunannya memeluk islam.
Tapi rosulullah, namanya tetap bergaung sampai sekarang.
Kenapa Allah tidak menyebutkan langsung namanya, seperti pada abu lahab?
Kt imam ibnu qoyim, dalam ayat ini allah tidak menyebutkan nama al ash bin wakil, itu adalah supaya cakupannya smua orang yg membenci nabi itu akan bernasib sama spy al ash bin wakil.
Membenci disini termasuk juga membenci secara fisik dan ajaran agama yg dibawa nabi.
Surat Muhammad ; 9
“yang demikian itu benci apa yg diturunkan oleh allah,  maka allah akan menghapuskan amalan mereka.”
Ada 2 jenis kebencian
1.       Kebencian krn keyakinan
2.       Benci krn tabiat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar