Selasa, 19 Agustus 2014

TAFSIR SURAT AL LAHAB

Sudah merupakan sunnatullah, bahwa setiap orang yg membawa kebenaran pasti akan ada orang yg menentangnya. Begitu juga yg dialami oleh Rosulullah. Ada yg mendukung ada jg yang menentang, sampai keluarga juga ada yg mendukung dan menentang. Paman2 beliau sendiri terbagi jadi 3;
1.       Paman rosul yg beriman dan melindungi
Contoh; Hamzah bin abdul Mutholib, Al abbas bin abdul mutholib. Yg lebih utama adalah hamzah, krn dia adalah sayyidul syuhada dan mendapat gelar assadullah (singanya Allah) oleh rosul.
2.       Paman rosul yg membela rosul tapi tidak beriman
Contoh; Abu Tholib. Dia adalah paman nabi yg sgt melindunggi nabi, dia kerahkan smua yg dimilikinya, harta, kekuasaan, utk melindungi rosuliullah. Tapi sayang dia tidak terbuka utk beriman kepada Allah walau itu benar. Abu tholib pernah bersyair “ SAYA TELAH ‘MENOLAK AGAMA YG SAYA TAU ITU ADALAH AGAMA YANG BAIK DI MUKA BUMI, KALAU BUKAN KRN TAKUT DAN KHAWATIR DICELA  NISCAYA AKU AKAN MEMELUK DAN MENGUMUMKANNYA DI KHALAYAK RAMAI”
Pada detik2 terakhir abu tholib akan meninggalpun dia tetap tidak bisa beriman, walau rosulullah telah memiinta untuk mengucapkan “laa illaha ilallah”.
3.       Paman rosul yg tak mau beriman, membenci, menghalangi
Contoh; abu lahab. Dia sangat menentang rosul dan menghalangi dakwah rosul. Maka allah menurunkan surat khusus AL LAHAB, yg mendoakan kecelakaan pada abu lahab. Dan slalu dibaca oleh orang muslim sampai hari kiamat.
Nama-nama surat
1.       Surat tabbat
Ini nama surat yg ditulis di kebanyakan mushaf al quran, kebanyakan buku tafsir,tafsir tirmidzi.
2.       Surat Al massad
Nama ini disebutkan di sebagian mushaf al quran, dan sebagian tafsir
3.       Surat al lahab
Asbabul nuuzul
Dalam HR bukhari
Ibnu abbas ra, pada suatu hari nabi Muhammad keluar menuju ke sebuah lapang di kota mekkah dan naik ke sebuah bukit. Kemudian berseru dan mengangkat suaranya “ya shobahah!”(ini kalimat yg biasa diucapkan utk memperingatkan jk ada musuh di pagi hari).saat yg teriak itu nabi, maka orang2 quraisy datang dan berkumpul di sekliling nabi begitupun abu lahab.
Rosul berkata“wahai orang2 quraisy, seandainya sy sampaikan bahwa musuh sudah ada diperbatasan pagi ini atau sore ini, apakah kalian percaya?”
Org quraisy menjawab “yaa tentu, karena kamu tidak pernah bohong”
Rosul berkata,”sy ingatkan kalian orang2 quraisy pada siksaan sangat pedih. Kalian percaya ?”
Abu lahab berbicara,”wahai Muhammad, hanya masalah ini kamu kumpulkan kami? Celakalah engkau wahai Muhammad!”
Saat itulah Allah menurunkan firmanNya yaitu dalam surat al lahab, ‘CELAKALAH TANGAN ABU LAHAB, DAN CELAKALAH”
KEUTAMAAN SURAT AL LAHAB
-           Secara khusus, kata para ulama tidak ada keutamaan dari surat al lahab
-          Waktu pembacaan juga bisa dibaca setiap saat, tak ada momen2 khusus.
Surat al lahab termasuk surat makiyah
 TAFSIR GLOBAL
Secara umum surat ini berisi celaan pada Abu lahab juga istri abu lahab. Krn istri abu lahab itu sangat setia membela suaminya dalam membenci nabi muhammad. Maka konon, kabar ttg nabi muhammad itu tersebar luas dalam arti fitnah kejelekannya. Banyak orang atau kabilah2 yg datang ke mekah selain berdagang jg ingin mengetahui siapa muhammad. Abu lahab sering mengenalkan diri pada mereka sebagai paman abu lahab. dan kalau ada yg bertanya ttg muhammad, abu lahab langsung berkata,”dia itu adalah pendusta!”. Mereka kemudian akan pergi dan tak mau melihat muhammad.
Sampai ada kemudian ada satu rombongan yg tak mudah  percay1a dan tetap ingin melihat. Abu lahab pun tak kalah akal, dia memfitnah nabi muhammad sbg orang gila.
Maka mereka berdua itu celaka di dunia dan akhirat. Tapi surat ini jg merupakan pelajaran bagi siapa saja yg menentang apapun yg diturunkan Allah dalam al quran. Sehingga kita jangan takut, slama kita yakin dalam sebuah kebenaran tentu akan mengalahkan yg batil.
Kita jg bisa mengambil pelajaran bahwa kekerabatan yg bermanfaat adalah yg seiman. Walau punya hubungan kekerabatan tp kalau tidak seiman maka akan sia2. Contoh seperti nabi dan abu lahab. Tp coba lihat ada sahabat nabi yg tak py hubungan kekerabatan langsung tp py kedudukan tinggi. Yaitu Salman al farizi ra, beliau berasal dari persia.
Rosul,”wahai fatimah, mintalah apa harta yg sy punya. Aku  bisa memberikan. Tapi kalau sudah di hadapan allah, aku tidak bisa memberikan.”
AYAT  1 ; TABBAT YADAA ABII LAHABII WWA TABBAT
Arti “Celakalah kedua tangan abi lahab dan sesungguhnya ia akan binasa.”
Tabbat = celaka, rugi, sesat, kosong
Yadaa= dua tangan
Walau disini Cuma dikatakan KEDUA TANGAN, Itu termasuk juga semua anggota tubuh. Krn smua perbuatan itu dilakukan dengan kedua tangan. Apa saja yg dilakukan oleh tangan abu lahab?
HR imam ibnu hibban dan ibnu huzaimah dalam sahihnya
Toarriq al muhalimmi, pada suatu hari sy melihat ada seorang pemuda di pasar dia berseru”wahai para manusia, ucapkanllah kalimat laa illaha illallah, niscaya kalian akan beruntung.” Kemudian ada orang tua yg setiap org itu berkata akan melempari dg batu. Dan berkata,”jangan kau dengar orang ini, krn dia pendusta”. Maka sy bertanya pada orang, siapa yg berkata dan siapa yg melempari dg batu. Ternyata org yg berkata adalah nabi muhammad dan yg melempari dg batu adalah abu lahab.
Kenapa dia dijuluki dengan ABU LAHAB?
Lahab sendiri artinya menyala2.
Itu artinya abu lahab bukan py anak bernama lahab. Tapi abu lahab merupakan bapaknya penghuni neraka yg apinya menyala2.
Lahab =jg memiliki makna bersinar.
Abu lahab itu berwajah tampan bersinar, diceritakan kedua pipinya itu sampai merah. Maka walau orang itu berwajah tampan tp walau hatinya buruk maka dia tetap masuk neraka.
HR muslim
Rosul bersabda, sesungguhnya allah tidak melihat pada tubuh kalian, juga pada bentuk lahiriah kalian, tapi yg dilihat allah adalah hati kalian.
Maka itu janganla kita merasa minder jk kita buruk rupa, dan janganla kita menilai seseorang itu dari fisiknya saja.
Abu lahab itu nama julukan atau kunyah, sedang nama aslinya abdul ‘uzza. Tp pertanyaannya, kenapa Alllah tidak memakai nama aslinya dalam al quran? Padahal hampir smua rosul selalu dipanggil dengan nama sendiri oleh `allah. Tak lain karena nama abdul ‘uzza itu sangat jelek, shg Allah tidak mau mengotori al quran dengan nama itu.
Ini jg jadi pelajaran bg kita bahwa jangan memberikan nama abdul….dengan dilanjutkan diluar nama Allah. Spt….abdul manaf, abdul syafii, abdul mutholib.
Pada akhir ada lagi kata tabba, tapi maknanya berbeda dengan tabba yg pertama.
Tabba yg pertama adalah sebuah doa
Tabba yg kedua adalah berita bahwa doanya telah dikabulkan
Nabi secara asal adalah orang yg berperangai sgt lembut, tp beliau berkata kasar pada abulahab.
Apa yg dilakukan abulahab itu sangat buruk, krn gara2 dia…..nabi yg tadinya al amin, kemudian diisukan sbg pendusta, dukun, orang gila shg banyak org yg terkikis kepercayaannya pada muhammad.
Jadi pada ayat ini, para da’i, ustadz dalam berdakwah harus mendahulukan sikap lembut, tp bisa bersikap kasar jika itu diperlukan.
AYAT KE DUA; MAA AGHNA ‘AN HUMAALUHUU WAMAA KASAB
“Tidak berguna untuknya hartanya dan apa yg diusahakan”
Wamaa kasab; apa yg diusahakan oleh abu lahab? Yg dimakssud disini adalah anak keturunannya abu lahab, seperti yg dikemukakan oleh IBNU ABBAS.
HR imam abu dawud disahihan oleh imam ibnu hibban.
Aisyiyah ra, Rosul bersabda,”salah satu makanan yg terbaik yg dimakan seseorang adalah hasil keringat sendiri. Dan anak seseorang itu adalah hasil usaha dia.
Itulah menjelaskan bhw harta dan anak adalah hasil usaha seseorang.
Dalam tafsir ibnu katsir,
Saat rosul mengajak seseorang utk beriman, maka abu  lahab berkomentar “seandainya apa yg disampaikan keponakannku itu benar, maka kelak saya akan sy tebus siksaan itu dengan harta yg sy punyai.
Ini bukan berarti bahwa harta dan anak itu tidak berguna buat kita kelak, krn di surat ini Allah sedang membicarakan Abu Lahab. Harta itu nanti akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat
HR tirmidzi dinilai hasan sahih oleh beliau
Rosul bersabda, kelak di hari akhir kaki seseorang tak akan bergerak sebelum menjawab 4 pertanyaan. Umurmu digunakan untuk apa?, Ilmu yg kau dapat diamalkan atau tidak?, Hartamu darimana dan digunakan untuk apa?, tubuh yg kau miliki digunakan untuk apa?
HR bukhari muslim
Rosul bersabda, “bentengila tubuh kalian dg api neraka walaupun dengan kurma separo”
HR imam bukhari
Rosul bersabda,” wahai sahabatku, siapa diantara kalian yg lebih menyukai harta ahli warisnya dibandingkan harta dia sendiri. Maka para sahabat menjawab”tak ada wahai rosul diantara kita”. Maka rosul bersabda,”wahai sahabatku, harta kalian yg sejati adalah harta yg kalian keluarkan  (utk makan,infaq) selama kalian masih hidup, sedang harta yg masih ada adalah harta orang lain.”
Anak juga ada pertanggungjawabannya
HR bukhari muslim
Rosul bersabda,”masing2 kalian adalah pemimpin dan kita akan ditanya ttg bawahannya. Pemimpin pemerintahan akan ditanya bagaimana rakyatnya? Dan laki2 adalah pemimpin buat keluarga, dan akan ditanya ttg amanah yg dilimpahkan untuk dia. Wanita adalah pempimpin tuk anak2nya dan akan ditanya ttg bawahannya (anak).
Maka itu sangat berat tanggung jawab kita terhadap allah kelak, tpkalau kita berhasil akan sangat bermanfaat untuk kita spt disabdakan oleh rosulullah
HR tirmidzi hasan sahih oleh beliau
Rosul bersabda, kalau orang meninggal smua amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu, amal jariyah,ilmu yang bermanfaat, doa anak yg sholeh kepada orangtuanya,
Bagaimana dengan anak kecil yg  baru lahir llangsung meninggal?
Dikisahkan seorang tabi’in hasan al basri, dia kehilangan 2 anaknya, suatu hari dia bertemu abu hurairah dan dia mengadu padanya.”
“wahai abu hurairah, aku kehilangan 2 anaknya, apa hadis rosul ttg hal ini?”
“iya, akan sy sampaikan hadis yg aku dengar dari rosul, Anak2 kecil yg meninggal milik orang beriman itu akan menjadi penghuni surge. Setelah masuk surge begitu orang tua itu datang maka anak itu akan menyambut dan akan memegang erat baju orang tuanya. Dan pegangan itu tak akan dilepas sampai allah berkenan memasukan kembali anak itu dan orang tuanya ke surge (HR muslim)
Ayat 3: SAYASLAANA RONDAA TALAHAB.
Ayat 4; Wam roa tuhu hamma latal khatab
“dan begitu pula istrinya(abu lahab) bawa kayu bakar”
Setelah sebelumnya allah mencela abulahab, maka di ayat ini Allah mencela istrinya. Asyiah istri firaun dipuji oleh allah, walaupun fir’aun itu dilaknat Allah. Jadi istri abu lahab itu dicela karena dia bersekutu dengan suaminya dalam kekufuran.
Wam roa tuhu= dan perempuannya abulahab
Kt perempuan itu sering digunakan sebagai istilah istri. Nama istri abu lahab adalah arwa kunyahnya ummu jammiil arwa binti hark, ini adalah saudara abu sofyan jadi dia adalah jg seorang bangsawan.
Latal khathob = membawa kayu bakar.
Para ulama tafsir berbeda pendapat, imam at thobari ada 2 pendapat
1.       Istri kayu bakar tiap hari membawa kayu2 yg berduri. Utk disebarkan di jalan yg biasa dilewati rosulullah.
2.       Tukang penyebar fitnah yg suka mengadu domba, suka mengejek rosul krn kemiskinan. Kenpa membawa kayu bakar, krn org yg suka mengadu domba adalah bagaikan membakar hubungan baik dg si A.
Ahli pendapat lain mengatakan, maksudnya adalah
-          Nanti di akhirat , istri abu lahab akan membawa kayu bakar untuk menyiksa suaminya sendiri.
Maka seorang istri yg mendukung perbuatan jahat suaminya sebenarnya bukanla istri yg setia, tapi justru perbuatan itu akan menyeret suami ke neraka.
At taghoobun;14
“sesungguhnya diantara anak2 dan istri kalian adalah ada musuh kalian, maka berhati2lah”
Kt imam at thobari, istri yg termasuk musuh kita adalah
-          Istri yg menghalangi kita di  jalan allah, dan melemahkan semangat kita dalam beribadah pada Allah
Sehingga hati2la dengan peringatan Allah ini.
AYAT 5 ; FIIJIIDIHAA  KHABLUM MIMMAASAD
“yg dilehernya ada tali dari sesuatu yg dipintal”
Ini adalah lanjutan dari ayat ke 4, membahas istri abu lahab.
Penafsiran “sesuatu yg dipintal”
1.       Kalung dia yg sgt mewah yg terbuat dari mutiara. Krn konon dia memiliki kalung sangat mewah, dan dia pernah bersumpah “demi latta dan uzza, pasti sy akan gunakan kalung ini utk membiayai permusuhan pada Muhammad”
Maka dia di akhirat dihukum oleh Allah dg dikalungi dg kalung dari api neraka.
2.       Adalah tali yg terbuat dari sabut  yg dipintal yg digunakan mengikat kayu bakar. Jadi istri abu lahab itu biasanya nyari kayu berduri itu di padang pasir, dengan membawa tali yg dikalungkan. dia kemudian mengikat dg sabut dan memasangnya di jalan2 yg dilalui rosulullah.  Dan di neraka dia akan dibakar dg dikalungi tali dari sabut. Walau dari sabut, tapi Allah berkuasa shg sabut itu tiap terbakar habis akan kembali seperti semula dan begitu terus.
3.       Itu merupakan kiasan dari terbelenggunya istri abu lahab dari hidayah.
4.       Nanti di neraka, lehernya akan diikat dengan tali dari api dan digantung dari tepian neraka dan dilemparkan ke dasarnya. Setelah panas dan matang akan ditarik lagi, dilemparkan lagi…
5.       Di lehernya akan dikalungkan rantai besi yg panjangnya 70 hasta. Rantai itu akan dimasukan melalui mulutnya dan dikeluarkan melalui duburnya dan mengikat tubuhnya se erat2nya. Dan dibakar di api neraka.
Tafsiran diatas itu membuktikan bahwa balasan di akhirat itu disesuaikan dengan apa yg dilakukan di dunia.
Orang yg meminta2 padahal dia mampu utk bekerja, maka di akhirat akan dibangunkan dengan tanpa muka krn dia sudah membuang rasa malunya
HR bukhari muslim
Rosul bersabda,”manakala orang selalu meminta2 pada manusia, akan datang pada hari kiamat dengan keadaan muka tidak ada dagingnya”
Sebaliknya jk kita menolong sesamanya, akan mendapatkan balasan yg setimpal dari Allah.
HR Muslim
Rosul bersabda,”allah akan menolong hambanya ketika hambanya menolong sesamanya”
Pada surat al lahab, ayat 1-3 membahas abu lahab dan ayat 4-5 membahas istrinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar