Jumat, 26 September 2014

DASYATNYA 10 HARI AWAL BULAN DZULHIJJAH

Allah memberikan waktu2 istimewa untuk kita, di setiap waktu selalu ada. Ada waktu istimewa yang bersifat harian seperti di 1/3 malam terakhir. Bahkan di waktu itu, Allah sendiri turun ke langit bumi untuk mendengarkan doa para hambanya. Dalam sebuah hadis qudsi Allah befirman “ Apakah ada hambaku yang berdoa pasti Aku kabulkan”.
Ada yang mingguan yaitu di hari Jum’at, ada yang tahunan yaitu bulan ramadhan dan malam lailatul qodar. Nah…..10 hari di awal bulan dzulhijjah ini adalah salah satu  dari beberapa waktu2 istimewa yang dijanjikan Allah swt. Dalilnya
1.       Surat al Fajr 1-2
“ Demi waktu fajar. Demi 10 malam”
Kt imam ibnu katsir; yg dimaksud 10 malam adalah 10 malam yang ada dalam awal bulan dzulhijjah, sebagaimana diriwayatkan oleh ibnu abbas ra, ibn zubair jg ulama2 salaf yg lain sebagaimana dinukil oleh imam ibn katsir rahimatulullah.
Allah itu Maha Agung, jadi kalau bersumpah PASTI dengan makhluk2nya yang AGUNG. Termasuk 10 hari di awal bulan dzulhijjah.
2.       Hr abu dawud sahih oleh imam ibn hibban, ibn khuzaimah dan syeh al albani
       Sebenarnya dalam riwayat Bukharipun ada, tapi ini yang saya bawakan adalah riwayat abu dawud.
Rosul bersabda “ Tidak ada Amalan yg lebih dicintai Allah melebihi  amalan yang dilakukan seorang hamba di 10 hari awal bulan dzulhijjah” sahabat bertanya “ Termasuk jihad?”. Rosul menjawab “ Meskipun jihad. Kecuali orang yang pergi berjihad dengan membawa harta dan nyawanya, kemudian dia meninggal”.
Selama ini kita mengenal bahwa Jihad adalah puncak keimanan tertinggi, itupun masih kalah pahalanya jika dibandingkan dengan amalan2 di 10 hari awal bulan dzulhijjah.

Maka para ulama, diantaranya imam sahih ibn zubair. Beliau jika memasuki 10 hari awal bulan dzulhijjah itu sangat bersungguh2 sekali dalam beramal, sampai beliau merasa sangat tak mampu melaksanakannya.
Imam Abu zulhah Ar rozi, beliau adalah pakar hadis. beliau pernah ditanya orang ttg sebuah hadis yg dhoif. Tapi imama abu zulhah merasa tak tega untuk sekedar menjawab bahwa hadis itu dhoif.
Kenapa 10 hari awal bulan dzulhijjah dikatakan itu hari istimewa? Kt imam ibn hajjar asqoolani, di hari2 itu ada banyak amalan sekali amalan, ada umroh, haji, sholat ied, qurban, puasa dll.
Coba bandingkan mana yg lebih istimewa 10 hari awal bulan dzulhijjah dengan 10hari terahir bulan ramadan? Kt imam ibn qoyim al jauziyah berkata “ jika siang harinya itu akan lebih istimewa 10 hari awal bulan dzulhijjah, tapi dimalam hari lebih istimewa 10 hari terakhir bulan ramadhan”.
Apa saja yg bisa dilakukan di 10 hari pertama bulan dzulhijjah ?
1.       Memperbanyak Amal Sholeh
Dalilnya adalah hadis yang sudah disebutkan diatas. Amal sholeh sangat banyak bisa dilakukan di awal bulan dzulhijjah, bisa sholat, puasa, sodaqoh, membaca al Quran, mengajar kajian islam, dzikir. Amal sholeh disini adalah amal sholeh yang ada tuntunannya dari Rosulullah, bukan asal amal sholeh.
2.       Perbanyak zikir
Hr ahmad dinyatakan sahih oleh syeh ahmad syakir
Rosul bersabda,” tidak ada amalan yang lebih utama dibanding 10 awal hari dzulhijjah, perbanyaklah bertakbir, tahlil dan tahmid”.
Ini bukan berarti “subhanallah” itu tak boleh, itu juga boleh karena itu amal sholeh. Tp diutamakan yg diajarkan.
Hr bukhari
Bahwa ibn umar dan abu hurirah, mereka pergi ke pasar jika sudah memasuki 10 awal bulan dzulhijjah. Mereka berdua bertakbir, sampai orang2 ikut bertakbir mendengar suara abu hurairah dan ibn umar.
Ini adalah termasuk hadis yang dimana berzikir itu boleh dikeraskan. Sampai kapan takbir itu bisa dilakukan? Takbir bisa dilakukan tgl 1-  13 dzulhijjah.
Dari ibn umar
Bahwa Umar dulu bertakbir setelah salat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai setelah zuhur pada tanggal 13 Dzulhijjah. (Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi dan sanadnya disahihkan al-Albani).

Namun ada beberapa atsar para sahabat yg melakukan di tanggal 9 – 13. Diantaranya
Bahwa Ibnu Abbas bertakbir setelah salat subuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai tanggal 13 Dzulhijjah. Ia tidak bertakbir setelah maghrib (malam tanggal 14 Dzluhijjah). (HR Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi. Al-Albani mengatakan, “Sanadnya sahih”).
Selain itu Ali bin abi tholib dan abdullah ibn mas’ud juga bertakbir di tanggal 9-13 bulan dzulhijjah.
3.       Perbanyak Puasa
Puasa adalah termasuk amal sholeh, shg disarankan untuk dilakukan. Memperbanyak puasa di 9 hari pertama bulan dzulhijjah.
Dari Ummul Mukminin, Hafshah radliallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa asyura, sembilan hari pertama Dzulhijjah, dan tiga hari tiap bulan. (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan Al-Albani).

Namun yang paling utama adalah Puasa Arafah, yaitu di tanggal 9 Dzulhijjah.
Ada sebuah hadis yg dinilai sahih oleh sebagian ulama
“ bahwa nabi berpuasa di 9 hari bulan dzulhijjah”
Hr ahmad dan muslim
Rosul bersabda “ puasa di bulan arafah akan menghapuskan dosa 1th yg lampau dan 1th yg akan datang”
4.       Sholat idul adha
Dr anas bin malik ra
Ketika nabi datang ke kota madinah, beliau menemukan orang2 disana merayakan 2 hari. Maka nabi bertanya “ apa 2 hari ini?”. Mereka menjawab “ 2 hari ini kami khususkan untuk bersenang2 di jaman jahiliyah dulu. Maka rosul bersabda” wahai sahabatku, Allah telah memberi ganti yg lebih baik yaitu idul fitri dan idul adha”
Hr an nasai sahih oleh syeh al albani
5.       Menyembelih hewan qurban.
Berqurban itu diwajibkan bagi yang mampu. Sebagian ulama menyatakan hukumnya sunnah muakad atau sunah yang sangat ditekankan.  Namun perlu hati2 terhadap niat dalam berqurban, jika niatnya itu salah bisa2 pahalanya tidak akan dapat. Dan audzubillah mindzalik bisa jadi nanti malah ibadah2 itu akan dijadikan debu beterbangan di akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar