Selasa, 19 Agustus 2014

TAFSIR SURAT AN NASR


Surat ini merupakan salah satu surat yg tidak dimiliki oleh surat lain dalam al quran, walaupun surat ini hanya 3 ayat. Dari segi ayatnya, surat an nasr mirip sama dengan surat al kautsar, jg surat al asr. Bedanya, ayat di surat an nasr lebih panjang dari surat al kautsar tp lebih pendek dari surat al asr.
Dalil ttg surat2 ini merup surat terpendek
Kisah ttg terbunuhnya umar bin khattab
Umar bin khattab terbunuh oleh Abu Luk luk ah….orang majusi. Dia seorang budak dan memiliki dendam sgt dalam pd Umar bin khattab ra. Dia berencana membunuh umar bin khatab dan menyiapkan pisau bermata dua diasah dengan tajam dan direndam dengan racun. Dia bersembunyi di dalam gelap. Umar bin khattab py kebiasaan klo bangun itu membanggunkan para sahabatnya, keliling..ke rumah-rumah. Dan ketika Umar masuk masjid, dan bertakbir “allahu akbar”, abu luk lukah…..masuk ke dan menikam 3 x salah satunya pas dibawah pusarnya. Para sahabat pun ribut dan ingin menangkap si pembunuh ini. Namun si pembunuh ini membabat smua orang yg akan menangkapnya sampai 13 orang terkena. Kemudian ada seorang yg mengerudungi mukanya, tp abu lukluah tu bunuh diri.
Kt amr bin maimun, ketika umar ditikam semuanya kacau krn memikirkan umar dan jg para sahabat lainnya.  Saking ributnya sampai mereka tak sadar dan waktunya subuh hampir habis. Tapi kemudian ada salah seorang yg berteriak “sholaaattttt”, kemudian para sahabat mempersilahkan abdurrahman bin auf utk mengimami. Dan abdurahman bin auf mengimami membaca surat dengan 2 surat terpendek di al quran yaitu al kautsar dan an nasr.
Ini membuktikan bijaksananya abdurrahman bin auff, dia tau kondisi saat itu shg dia membaca surat yg terpendek. Tidak lantas membaca surat panjang2.
Setelah itu umar bin khattab dibawa ke rumah dalam keadaan tidak sadar diri dan lukanya terus mengucurkan darah. Begitu siuman, beliau melihat wajah para sahabatnya dan pertanyaan pertama yg ditanyakan adalah “orang2 sudah sholat apa belum?”.
Ini persis dengan rosulullah yang pingsan berkali2 ketika akan mengimami sholat isya, dan umarpun bertanya hal yang sama.
Maka para sahabat menjawab “sudah”.
Beliau berkata,”orang yang meninggalkan sholat tidak berhak menyandang nama islam”.
Dokter saat itu bertanya “apa minuman yg paling engkau sukai”
Umar menjawab “ nabits” (air putih yg dimasuki kurma kering dan di diamkan satu malam)
Maka didatangkanlah nabits…..begitu minum, nabits itu kelluar melalui lukanya.
Kemudian ambil susu, dan tetap susunya keluar. Kemudian dokter berkata “wahai umar, berwasiatla. Sy py prediksi lain kecuali engkau akan meninggal hari ini atau besok”
Mk smua orang sahabat datang….menjenguk umar bin khatab. Dan smua orang memuji umar ttg jasanya. Tp umar tidak suka dipuji demikian dan berkata
Umar “ seandainya aku memiliki emas sebesar bumi, niscaya akan sy gunakan untuk menebus diriku di hadapan Allah”
Liat orang2 yang betaqwa, padahal umar tidak perllu menebus, krn dia sudah dijamin masuk surga oleh rosulullah tapi karena saking takutnya dia pada Allah.
NAMA-NAMA SURAT
1.       Surat idzaa jaa ah nasrullah
Yg menamakan diantaranya imam bukhari, dalam kitabnya beliau  membawakan hadis dari aisyah ra
Kt aisyah, setelah diturunkannya idzaa jaa ah nasrullahi wal fat, maka rosulullah setiap kali sholat dalam ruku dan sujudnya beliau membaca subhanaka robbana wabihamdika allahumaghfirli (maha  suci engkau wahai robb kami dan segala puji untuk Engkau, ya Allah ampunilah aku).
2.       Surat an nasr (pertolongan)
Kebanyakan mushaf al quran memakai nama surat ini, dan jarang ada mushaf yg memakai nama lain begitu jg kitab tafsir. Dinamakan surat an nasr = pertolongan, krn ayatnya bercerita ttg pertolongan Allah utk rosul dan kaum mu’minin
3.       Surat al Fathu (kemenangan/penaklukan)
Disebutkan al fathu krn dalam ayat pertama disebutkan al fathu. Yaitu ttg kemenangan kaum muslimin ketika menaklukan kota mekah
Penamaan surat ini sama dg penamaan surat al quran yaitu surat al fath
Disebutkan oleh Hr tirmidzi
4.       Surat attaudiya’ (perpisahan)
Surat ini mengisyaratkan sudah dekatnya ajal rosulullah.
Hr bukhari
Dr ibnu abbas ra, umar bin khattab sering menyertakan aku dalam majlisnya para sahabat senior. Sebagian sahabat berkata,”wahai umar kenapa kamu masukkan anak muda ini ke majlis kami, kami ga bawa anak2 kami”.
Umar berkata ,”kalian kan sudah tau, bahwa anak muda ini punya keistimewaan.”
Ibnu abbas itu cerdas pinter dan menguasai ilmu al quran.
Suatu ketika rosul berdoa utk ibnu abbas” ya allah jadikan anak ini mumpuni dalam al quran dan jadi ahli tafsir”. Shg tak heran……ibnu abbas menjadi seorang ahli tafsir. Ibnu abbas dipilih dari berbagai sahabat muda. Dan ibnu abaspun tidak sombong ketika masuk ke majlis yg senior.

HR abu dawud sahih oleh imam al hakim
Rosul bersabda,”barangsiapa yg tidak menyayangi yg lebih kecil dan tidak menghargai orang yang lebih tua, bukan termasuk golongan kami”
Suatu hari umar memanggil seluruh sahabat senior dan ibnu abbas dimasukkan. Kt ibnu abbas, “sy merasa umar ini punya maksud”
Umar pun berkata,”menurut kalian, apa maksud firman Allah “idzaa jaa ansrullahi wal fathu, waroaitannas……………….(isi surat an nasr)|, apa maksud surat ini?”
Sebagian sahabat berkata,”wahai umar kita diperintahkan utk memuji allah ketika menerima kemenangan”. Sebagian lain bilang “ tak tau”
Maka umar menengok ke ibn  abbas “wahai ibn abbas, apa menurutmu itu seperti yg mereka katakan”
Ibnu abbas,’tidak”
Apa menurutmu ?
Ibnu abbas,”sesungguhnya surat ini pemberitahuan allah pada nabinya, bhw ajalnya sudah dekat”
Maka umar berkata,”wahai ibn abbas, yg saya ketahui ttg itu adalah sama persis dengan yg kamu ketahui”.
KEUTAMAAN SURAT
KATA para ulama tak ada ditemukan penjelasan ttg keutamaan surat an nasr sec khusus. Tak ada hadis sahih yg menyebutkan itu.
MOMEN PEMBACAAN SURAT
Belum ditemukan dalil yang menunjukkan pembacaan pada momen tertentu
MAKKIYAH ATAU MADANIYAH
HR muslim
Ubaidullah bin abdillah bin utbah pada suatu hari ibnu abbas bertanya pdku,”wahai ubaidullah taukah kamu apakah surat yg diturunkan secara sempurna dan itu diturunkan terakhir?
“ya saya tau, surat itu idzaa jaa anassrullahi wal fath”
Ibnu abbas berkata,”ya kamu benar”
Dari penjelasan itu,ijma para ulama itu mengatakan bahwa surat annasr adalah surat madaniyah. Diantaranya para ulama adl Imam al kurtuby dan al ‘alamah ibnu assur.
Ibnu abbas itu py gelar “ al bahr(laut)”, krn itu kedalaman ilmunya seluas laut, maka tak heran setiap hari ada ratusan orang datang ke rumah ibn abbas utk bertanya. Walau ibnu abbas itu mempunyai keilmuan yg tinggi tapi dia tidak sombong.

JUMLAH SURAT AN NASR adalah 3 ayat
TAFSIR GLOBAL
Surat an nasr itu berisi janji dari Allah utk rosulullah dan kaum mu’minin. Janji itu adalah kemenangan untuk rosul dan kaum mu’minin,diantaranya adalah dg ditaklukannya kota mekah. Walau sebelumnya nabi itu diusir. Saat pertolongan Allah datang, maka orang2 datang memeluk islam dengan berbondong2 (ah wajaa). Ketika kota mekah sudah ditaklukan dan orang2 berbondong2 masuk islam mk ajal rosul sudah dekat krn seluruh wahyu sudah disampaikan sehingga tugasnya telah selesai.
Krn ajal sudah dekat mk allah memerintahkan rosul untuk memperbanyak tasbih (fasabbih bihamdi rabbika waistaghfirhu) dan allah menjanjikan utk mengampuni semua dosanya maka surat ini ditutup dg innahu kaana tawwaabaan
Rosul telah melalui banyak cobaan dalam menyebarkan agama islam, diantaranya cobaan adalah
Hr imam tirmidzi hasan sahih
Rosul  bersabda,” sesungguhnya sy mengalami kondisi menakutkan saat membela agama allah dan itu tidak dialami oleh orang manapun,  dan ketika sy mendakwahkan sy sudah disakiti dan tak seorangpun melebihi ujian yg sy hadapi, sy pernah mengalami menghadapi 30 hr 30 mlm dan selama 3hrr 30 mlm sy bersama bilal dan sy tak mempunyai makanan kecuali sangat sedikit. (rosul menggambarkan sedikitnya itu sampai bisa dibawa diketiak bilal).”
Aisyah jg pernah mengalami di rumahnya sendiri slama 3 purnama dapurnya rosul tidak menyala krn tidak ada yg dimasak. Dan yg dimakan saat itu adalah kurma dan air putih saja.
HR ahmad sahih oleh al hakim adz dzahabi dan ibnu hibban
Suatu saat rosul berada di pasar, beliau di tengah2 pasar berdiri dan berkata “wahai para manusia ucapkanlah laa ilaha ilallah niscaya kalian akan selamat dan beruntung. Kemudian tiba2 di belakang muncul seseorang dan berkata,”wahai manusia orang inii adalah murtad dan pendusta besar.” Nabipun pindah ke tempat lain, dan orang itu mengikuti terus nabi. Dan orang itu adalah abu lahab.
Diantaranya ada sahabat
Bilal ibnu robbah, dia dijemur di padang pasir dan diletakkan batu besar. Tapi bilal tetap bertahan
Tsumayyah..dia adalah ibu amr istri yasir
Oleh abu jahal dengan tombaknya ditancapkan ke kemaluannya di tengah padang pasir sampai beliau menjerit dan meninggal dunia. Dan dialah wanita sahid pertama didunia.
Begitu beratnya cobaan itu, sampai mereka bertanya

Surat al baqoroh ;  214
“kapan datangnya pertolongan Allah”
Dan datanglah pertolongan allah dengan idzaa jaa annasrullahi wal fathu
HR bukhari
Pd suatu hari kami datang pd rosul mengadu ttg beratnya cobaan yg dihadapi, rosul bersabda,”wahai para sahabatku, dulu ada diantar seorang soleh dan dia itu digali sebuah lubang dan dia dimasukkan ke dalamnya. Dan kemudian para ahlul bathil mendatangkan gergaji, dan gergaji itu diletakkan diatas kepalanya dan orang itu digergaji hidup2 sampai tubuhnya terbelah. Dan siksaan itu sama sekali tak menghalangi dia utk keluar dari agamanya.
Org yang lain, dia dipendam dan dikuliti hidup2 dan orang itu tetap bertahan diatas akidahnya.
AYAT 1.
Artinya : apabila telah datang pertolongan Allah dan penaklukan
Ayat pertama dan ayat ke 2 adalah kabar gembira untuk rosul dan kaum mukminin. Pada ayat pertama ini ada 2 kabar gembira
1.       Adanya pertolongan Allah
2.      Penaklukan
Pertolongan Allah
Pertolongan allah itu bentuknya macam2, bisa pertolongan dg kemenangan fisik ataupun bentuk argumen2 seperti menghadapi fitnah2 kaum musrikin shg menang dlm berargumen. Nah diantara pertolongan Allah adalah Penaklukan. Kata sebagian ulama yg dimaksud penaklukan adalah penaklukan kota mekah.
Penaklukan itu adalah bagian dari pertolongan Allah, tapi kenapa sudah dikatakan pertolongan allah dan di ulangi lagi di akhir. Krn penaklukan kota mekah itu sesuatu yang luar biasa sehingga Allah mengulanginya lagi.
Penaklukan kota mekah terjadi th 8 Hijriah, pemicunya adalah pd tahun 6 Hijriah ada perjanjian Hudaibiyah yg berisi nota kesepakatan perdamaian antara kaum muslimin di madinah dan kaum musrikin di makkah, mereka melakukan perdamaian untuk tak saling menyerang. Dan suku2 dipersilahkan untuk memilih bergabung dengan siapa. Maka banyak diantara suku2 yang bergabung dg muslimin, diantarana suku KHUZA AH.
Sedang suku BAKR bergabung dengan kaum musrikin. Shg mereka berdua terikat perjanjian itu. Sebelum perjanjian ini, kedua suku itu sudah bermusuhan. Tp setelah perjanjian ini mrk tak bisa saling menyerang. Suku Bakr tu berbuat licik, pada malam hari mereka menyerang suku khuza ah dan suku musrikin itu memberi bantuan.
Maka suku khuza ah lapor kepada nabi ttg kejadian ini, setelah mendengar itu maka nabi ber adzab untuk menyerang orang quraisy. Orang quraisy ketakutan dan mengirim seorang abu sofyan ke madinah untuk memperbaharui perjanjian.
Abu sofyan menjelaskan panjang lebar ke pada Rosul ttg kejadian itu, tp rosul diam tak bicara. Abu sofyan itupun minta bantuan pada para sahabat tp meraka sama saja diam. Kmudian abu sofyan pulang dengan tangan hampa.
Setelah itu nabi menyiapkan bala tentaranya untuk menyerang kota mekah, nabi membawa 10.000 pasukan. Rosul berdoa agar orang makah itu tidak mengetahui keberangkatan mereka. Sebelum berangkat, nabi menugaskan seorang untuk mengimami di madinah, dia adalah abdullah ibnu ummi ma’tum, dia adalah seorang yang buta. Dia diberi kepercayaan mengimami di masjid nabawi menggantikan nabi.
Nabipun berangkat dg 10.000 pasukannya, di tengah jalan paman nabi al abbas ingin berhijrah dan dia bergabung dg pasukan nabi. Ketika mau mendekati mekah, giliran abu sofyan yg datang dg ditawari masuk islam. Dan abu sofyanpun masuk islam.
Al abbas, memberi peringatan pd nabi “wahai nabi, abu sofyan adalah orang yang berada dikaumnya dan berila dia sedikit keistewaan”
Maka nabipun memberi keistimewaan “siapapun yang masuk ke rumah abu sofyan, maka akan selamat”
Maka abu sofyan pun pulang dan memberi peringatan itu pada orang quraisy.
Menjelang masuk kota mekah, nabi membagi pasukannya
Dari sayap kanan dipimpin oleh KHALID BIN WALID
Tugasnya :siapapun yg berusaha menghalangi jalan kamu, libasssssssss
Dan kholidpun nunggu di bukit shofa
Dari sayap kiri dipimpin oleh ZUBAIR BIN AWWAM
Tugas : membawa bendera untuk ditancapkan di daerah tinggi di kota mekah
Maka nabipun masuk kota mekah dg membaca ayat2 Allah
“ sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata”
Inna fatahna laka fathan mubiina
“barang siapa masuk ke masjidil haraam dia aman, barang siapa masuk ke rumah abu sofyan maka dia telah aman, barang siapa masuk rumah dan menutup pintunya maka dia aman.”
Maka nabi masuk kota makah, dan diceritakan di atas kepalanya itu ada topi besi. Nabipun juga memakai baju besi.
Ini memberi pelajaran bagi kita, bahwa ikhtiar itu penting. Nabi sebagai orang yang paling mulia saja dalam berperang beriktiar…..tetap memakai helm dan baju besi. Bukan dikarenakan dia nabi terus tidak memakai apa2.
Nabipun menuju ke arah ka’bah sambil menunggang onta dan memegang busur. Saat itu masih ada 360 patung berhala. Maka sambil beliau towaf, beliau sambil menggulingkan berhala-berhala itu. Sambil berkata “kebenaran telah datang dan kebathilan telah musnah, sesungguhna yg batil itu akan musnah” QS Al isro ; 81.
Nabipun masuk dalam ka’bah, dan didalamnyapun ada gambar2 diantaranya ada gambar nabi ibrohim dan nabi isro’il. Disitu digambarkan mereka sedang membagi anak panah ramalan. Dan nabipun langsung berkata “semoga Allah membinasakan mereka (yang menggambarnya)”. Demi Allah sekalipun ibrohim tak pernah mengundi nasib dengan ramalan,. Kemudian nabi bertakbir dan sholat. Kaum musrikinpun berkerumun di ka’bah dan menunggu nasibnya.
Nabipun keluar ka’bah dan memegang pintu ka’bah dan berkata “Laa illaha ilallahu wahdah laa syariikala lahul mulku walahul hamdu wahuwa kulli sya’in qodir”
“shodaqo wa’dah (allah telah menepati janjinya), wanashoro ‘abdah (dan telah membantu memenangkan hambanya), wahaza mal ahzzaa bal a’dah (dan Allah telah mengalahkan seluruh pasukan sendirian)
“wahai orang2 quraisy, menurut kalian apa yg akan saya lakukan pada kalian?”
Org quraisy berkata,”yang baik2 saja. Kamu adalah saudara kami yang mulia dan kamu putra saudara kami yang mulia”
Dan nabi pun berkata,”yang saya ucapkan sy hari ini adalah yg diucapkan nabi yusuf as kepada saudara-saudaranya. Yaitu ; pada hari ini tidak ada cercaan atas kalian. Dan nabipun berkata, “silahkan pergi kalian dan kalian telah bebas”.
Inilah sikap pemaaf yang luar biasa dari nabi, padhal beliau didholimi oleh orang quraisy….
Dan setelah itu maka akan terjadilah masuknya orang islam dg berbondong2.

Rosul bersabda, “akan datang dimana kalian orang muslimin diserang oleh kaum musrik.
Para sahabat pun bertanya,” apa karena jumlah kami sedikit?”
Rosul bersabda,”tidak, jumlah kalian banyak seperti buih dilautan”.

Perlu diketahui, PERTOLONGAN ALLAH ITU ADA SYARATNYA ; SEANDAINYA KALIAN MENOLONG ALLAH NISCAYA ALLAH MENOLONG KALIAN”
Maksudnya adalah konsekwen dengan ajaran Allah dan tuntunan rosul

AYAT  2;
“dan engkau melihat para manusia melihat para manusia masuk ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong.”
Di ayat ke 2 ini masih kabar gembira untuk nabi muhammad, yaitu ttg masuknya para manusia dalam ajaran islam secara berbondong-bondong. Sebelum kejadian penaklukan kota mekah, memang orang masuk islam tapi secara per orangan.
Sampai-sampai diceritakan delegasi dari segala penjuru menyampaikan bahwa umatnya masuk islam. Maka pada tahun 9 Hijriah di istilahkan oleh para ahli sejarah tahun berbondong-bondongnya para delegasi ttg islamnya kaum mereka.
HR bukhari
Salamah ibn amr bercerita, Orang-orang arab banyak diantara mereka yang mengulur ke islamannya, menunggu ditaklukanna kota mekah. Kata mereka, Biarkan muhammad dan kaumnya seandainya Muhammad bisa menang melawan kaumnya, maka dia betul2 nabi. Maka ketika kota mekah di taklukkan, setiap kaum berlomba-lomba masuk islam.
Masuknya islam dg berbondong2 adalah nikmat. Dan nikmat itu harus diadakan pendalaman dalam islam, juga pembersihan ttg sisa2 keyakinan dahulu. Itu yang namanya masuk dalam islam secara “kaffah”. Jangan ada islam-islam yg dicampur adukan dengan keyakinan lama.
Disisi lain, berbondong-bondongnya mereka masuk islam jg merupakan ujian.


Surat al anbiyya;35
Dan KAMI akan menguji kalian dengan sesuatu yang buruk dan sesuatu yang baik, sebagai fitnah”
Hr bukhari muslim
Rosul bersabda,”demi Allah, yang saya takutkan atas klian wahai umatku bukan kemiskinan, tapi yang lebih aku takutkan atas umatku adalah dilapangkan dunia atas kalian (Harta) sebagaimana Allah lapangkan pada umat sebelum kalian, kemudian kalian berebutan mengumpulkan harta sebagaimana umat sebelum kalian, kemudian harta itu membinasakan kalian sebagaimana membinasakan umat sebelum kalian.
Ketakutan Rosul tersebut terbukti, Banyak para ulama, ustadz yang tadinya sangat idealis tapi setelah dihadapkan dengan harta dia kemudian melunak dan tidak lagi keras dalam mendakwahkan islam.
Buat seorang ustadz, ujiannya adlah pada niatnya.
Dia bisa menjadi sombong saat yg datang itu banyaakkkkkk.
Abdurrohman bin mahdi ulama hadis di abad 2 H, beliau bercerta tiap hari jumat mengisi di masjid jami’, ketika jamaahnya banyak dia senang, ketika sedikit dia sedih. Mk dia curhat sm ulama yang lain yaitu Bisyar assulami. Maka Bisar assyulami berkata,”itu adalah majlis yang buruk.”
Bukan berarti kita tidak boleh senang, tp liat dulu senangnya? Jika senangnya krn merasa dia jadi terkenal, itu tidak boleh. Tp jika senangnya krn “alhamdulillah brarti ini bisa menjadi manfaat”, ini yg boleh. Tapi bedanya tipisss…. Hanya dia sendiri yang tahu. Bagaimana cara membedakannya???
Imam ibn jauzi, cara membedakannya adalah lihat ketika jamaahnya berkurang karena pindah ke ustadz lain yang lebih mumpuni ilmunya. Jika itu sedih, maka berarti ada yang kotor di hatinya.
Kisah syeh ibn khuzaimin (wafat 1421H)
Beliau pertama kali membuka pengajian, hanya sedikit saja. Hanya belasan orang. Bahkan dikisahkan pernah beliau datang tp muridnya ga datang. Dan dia santai duduk saja, sambil baca alquran.
Dan dengan ketekunan beliau dan keikhlasannya, di akhir hidupnya yang hadir itu sampai Ribuan orang. Itu dia bisa mendapatkan seperti itu setelah bersabar sekian puluh tahun.
Ujian lain : Popularitas
HR muslim
Rosul bersabda,”sesungguhnya Allah mencintai Hamba yang bertakwa, yang kaya hatinya (Qona’ah) dan tidak suka mencari ketenaran”.
Maka imam syafi’I, adalah orang yg sangat terkenal. Beliau berkata,”saya pernah ber angan2, jika ilmunya diamalkan oleh smua orang tanpa mereka tau ini ilmunya saya”.
Ini menggambarkan saking beliaunya tidak suka, jika dirinya terkenal.  Tapi krn saking terkenalnya imam syafi’I maka semua orang tau. Hal seperti ini tidak tercela, yg tercela itu adalah jika kita sengaja mencari popularitas.
Imam ibn kudamah,”yang tercela itu adalah jika mengejar popularitas, tapi jika itu datang sendiri krn Allah maka itu tidak tercela”
Jadi jika kita terkenal karena Allah yang memberikan, itu tidak mengapa. Tapi para ulama tetap menganggap popularitas merupakan ujian.
Imam ahmad bin hamal, pernah berkata”aku telah diuji oleh Allah dg ketenaran”
Syeh al albani, pernah lagi ke suatu kota menunggu, suatu saat ada orang yg melihat dan tau itu syeh al albani. Dan orang itu langsung datang tergopoh2 dan bertanya “ apakah kamu syeh al albani?” maka beliaupun menangis. Ketika ditanya muridnya” kenapa menangis?”. Maka syeh berkata,” seharusnya kita memperbaiki amalan kita”.
Imam sofyan assauri, pernah menulis surat ke imam ibn mubarok.  Isi suratnya adalah  sebarkanlah ilmu dan waspadalah dari popularitas.
Buat para jama’ah, sikapilah kepada ustadz seperti biasa jangan sampai ada pengkultusan.

AYAT KE 3.
Arti : Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.
Pada ayat 1-2 Allah telah bercerita tentang nikmat2 Allah yang sangat besar, Biasanya jika ttg nikmat2 Allah maka kita diperintahkan utk bersyukur. Tapi di ayat ke 3 Allah memerintahkan utk memperbanyak tasbih, takbir dan istigfar, agar hidup beliau ditutup dengan kalimat2  mulia.
fasabbih bihamdi rabbika = bertasbihla dg memuji Tuhanmu
Ini mirip dengan surat al insan ; 23-24
Arti :
Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur'an kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur.
Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka.

Kenapa Allah menyuruh untuk bertasbih, takbir dan istigfar, krn saat pertolongan Allah sangat besar dan orang-orang berbondong2 masuk islam, itu berarti tugasnya sudah selesai dan Allah menyuruh untuk menutup dengan perbanyak tasbih, takbir dan istighfar.

Aisyah berkata, rosulullah memperbanyak di ruku dan sujudnya “subhanakallahumma robbana, wabihamdika, allahumaghfirli”, nabi berusaha untuk mengamalkan perintah Allah dalam al quran.
Ummu salamah, rosul di akhir hidupnya setiap beliau berdiri, duduk pergi dan datang , selalu beliau mengucapkan subhanakallahumma robbana. Ummu salamahpun bertanya,”wahai rosul kenapa engkau selalu memperbanyak kalimat2 tersebut”. Dan rosul menjawab,”karena saya diperintahkan oleh Allah untuk memperbanyak kalimat2 tersebut. Kemudian beliau membaca isi surat an nasr
Tasbih;
Fadhilah tasbih :
HR muslim
Saad bin abi waqosh bercerita, pada suatu hari kami sedang duduk2 beserta rosul. Tiba2 rosul bertanya pada para sahabat “apakah kalian tidak mampu mengumpulkan pahala dalam sehari 1000? Maka sahabat bertanya “wahai rosul, bagaimana mungkin kami mengumpulkan 1000 pahala dalam satu hari? Rosul menjawab,”ucapkanlah tasbih dalam satu hari 100x, maka akan dituliskan 1000 pahala atau akan dihapuskan 1000 dosa”
Hr at tirmidzi dinyatakan sahih oleh imam ibn hibban
Rosul bersabda,” dzikir yang paling afdol adalah laa ilaha ilallah, dan doa yang paling afdol “alhamdulillah”.
Alhamduillah merupakan pengagungan dengan diiringi cinta.
HR bukhari dan muslim
Rosul bersabda, “barang siapa mengucapkan “subhanallah wabihamdih”(maha suci allah segala pujian untukNYA) dalam 1 hari 100 x, dosa2nya akan dihapuskan Allah walaupun sebanyak buik di lautan.
Dengan begitu hebatnya fadhilah tasbih, tentunya kita harus termotivasi dengan memperbanyak tasbih, tahmid dan takbir. Padahal semua benda ciptakaan Allah itu bertasbih.
Surat al isro ; 44
“Langit yang 7, bumi dan semua yg ada didalamnya semuanya bertasbih”
Lihatlah…..benda2 mati saja bertasbih krn takut pada Allah, masa kita tidak mau bertasbih.
Makna tasbih : Masa suci Allah.
Allah itu Maha suci dari kekurangan dan maha suci dari Aib. Contohnya kekurangan ; tidur, lapar, ngantuk, mati.
Dalilnya : surat al baqoroh ; 255 ( ayat kursi).

waistaghfirhu innahu kaana tawwaabaan = mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.
Istighfar merupakan kalimat yg penting dan diperintahkan
Surat an nisa ; 110
“barang siapa yang melakukan kejahakan atau menganiaya dirinya sendiri kemudian dia beristighfar pada allah, maka pasti dia akan mendapatkan Allah Maha pengampun dan maha penyayang”
Ini membuktikan kasih sayang Allah, seberapapun manusia bertobat, maka Allah akan mengampuninya. Padahal Allah bisa saja memusnahkan kita, krn Allah tidak butuh tobat kita. Tapi Allah tetap memberi ampun dan kasih sayangnya pada kita.
HR Ahmad
Rosul bersabda, “wahai para manusia, bertobatla pada Allah dan beristighfarla, ketahuila bahwa Aku beristighfar setiap hari 100 x”
Disini nabi bukan hanya memerintahkan, tapi beliau mencontohkan dengan praktek. Ini menjadi pelajaran bagi para dai atau ustadz agar memberi contoh dahulu sebelum mengajarkan pada orang lain. Bahkan dalam riwayat lain, rosul beristighfar dalam satu majelis itu 100x.
Kenapa nabi berIstighfar
1.       Istighfar adalah ibadah
2.      Sebagai bentuk syukur beliau, krn kt para ulama nikmat yg diberikan pada para nabi itu sangat besar dan mereka merasa tidak mampu  untuk membalas nikmat yg sangat besar jd mereka beristighfar.
3.      Teladan dan contoh para umatnya
Aisyah berkata, “saya pernah mendengar nabi kita sebelum meninggal dunia dalam keadaan nabi menyandarkan kepalanya di pangkuan Aisyah rodiyallahu’anhu, aku mendengar nabi berkata “allahummaghfirli (ya allah ampunilah aku), warkhamni (kasihinalah aku) wa alkhikni birroffikil a’la (dan segerakanlah pertemuanku pada para nabi di surgaMU paling tinggi”
Itulah nabi, di saat detik2 terakhirpun masih beristighfar.
Apa makna istighfar?
Istighfar artinya memohon dengan lisan dan perbuatan agar Allah berkenan memberikan ampunan atas dosa yang dilakukan serta melindungi akibat dari dosa itu (adzab).
Jadi untuk diampuni Allah, kita tidak cukup untuk mengucapkan dg lisan saja tapi juga dibuktikan dengan perbuatan. Orang yang beristighfar Cuma di lisan saja, maka itu berarti tidak serius dalam beristighfar atau hanya  main2 saja.
Ampunan Allah terbagi 2. :
1.       Dosanya akan terhapus
Hr At tirmidzi dinilai hasan sahih
Rosul bersabda,”dan iringilah perbuatan dosa dengan amal sholih, niscaya itu akan menghapus perbuatan dosamu”.
2.      Dosa itu akan diganti dengan pahala
Surat al furqoon;70
“ Kecuali orang yang mau bertobat, beriman dan beramal sholeh mereka akan diganti dosa2nya dengan kebaikan”
Hr muslim(Qudsi)
Allah berfirman,”hambaku ada yang melakukan dosa dan dia beristighfar mohon ampun, maka Aku berkata “oohhh hambaku ada yang melakukan dosa, dan dia tau memiliki tuhan dan dia tau jika tidak bertobat dia akan dihukum.
 “Setelah itu orang itu berbuat dosa lagi, dan beristighfar lagi. Maka Allah berkata hal yang sama berkata “oohhh hambaku ada yang melakukan dosa, dan dia tau memiliki tuhan dan dia tau jika tidak bertobat dia akan dihukum.
 “Setelah itu orang itu berbuat dosa lagi, dan beristighfar lagi. Maka Allah berkata,” hambaku sadar dia melakukan dosa dan memiliki tuhan, dan tau akan di hukum jika tak bertobat, Lakukanlah sekehendakmu karna Aku tlah mengampuni”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar