Minggu, 04 Mei 2014

4 KALIMAT UTAMA



Keutamaan 4 kalimat mulia
1.      Merupakan kalimat yang paling dicintai oleh Allah
Hadis muslim
Kalimat yang paling dicintai allah ada 4, subhanallah, alhamdulillah, walaaillaha ilallah allahu akbar. Kata nabi, tidak masalah engkau memulai 4 kalimat ini dari manapun.
2.      4 kalimat ini lebih dicintai rosulullah dibandingkan dunia seisinya

3.      Kalimat ini adalah penghapus dosa
Hr ahmad disahihkan al hakim dan al dzahabi
Tidak lah seorang dimuka bumi ini mengucapkan Laa ilaha ilaha ilallah, subhanallah wallahu akbar, alhamdulillah,walaa khaula walaa khuata illaabillaah. Maka dosa2nya akan diampuni oleh Allah walaupun dosanya lebih banyak dari buih di lautan.
4.      4 kalimat tersebut merupakan pohon surga
Kata nabi SAW,”dimalam isro, saya bertemu dengan nabi ibrohim. Beliau berkata, wahai muhammad tolong sampaikan salamku untuk umatku. Dan beritahu mereka, bahwa debunya surga itu harum. Air yang ada di surga itu sangat segar, sejuk, nikmat kalau diminum. Dan tanaman surga adalah, subhanallah, alhamdulillah, laa ilaha ilallah, allahu akbar.(HR tirmidzi) dinyatakan hasan oleh syeh al albany
Maka jk ingin mendapatkan pohon di surga, sering2lah mengucapkan 4 kalimat tersebut. Biasakan diri kita disetiap saat untuk berdzikir dengan 4 kalimat tersebut. Sehingga insya Allah kita akan mendapatkan hutan di surga.
5.      Kedudukan orang yg membacanya paling utama
HR ahmad dinilai hasan oleh syeh al albany
Abdullah ibnu sya’dan ra, pada suatu hari ada 3 orang dari bani udzroh datang ke nabi SAW. Begitu didepan nabi, mereka berikrar masuk islam. Maka rosul bersabda, wahai sahabatku siapa diantara kalian yang mau membantu saya, mengurusi 3 orang ini? Maka dengan mantap, Tolhah ra menjawab, saya”. Maka 3 orang itu tinggal di rumah tolhah. Suatu ketika nabi mengirim pasukan perang, salah satunya adalah dari ke 3 orang tersebut ikut, dan ditakdirkan mati. Jadi tinggal 2, kemudia di lain kesempatan, nabi mengirim pasukan dan 1 lagi ikut jg dan ditakdirkan mati. Sehingga tinggal 1 orang. Dan kemudiah yg 1 terahkir itu meninggal tapi krn sakit. Suatu ketika tolhah bermimpi bahwa ke 3 orang itu masuk surga. Ke 3 orang itu berjejer, dan yang membuat heran, yang terdepan adalah orang yg meninggal di atas kasur. Maka abu tolhah pun heran. Maka kemudian tolhah menemui nabi, dan bercerita ttg mimpinya itu. Maka nabi bersabda,”wahai tolhah tidak ada yang aneh, tidak ada manusia yang mulia disisi allah dibanding manusia yang mengisi umurnya dengan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir.

Ternyata orang yg mati di atas kasur itu, walau tidak mati syahid, dia mengisi hidupnya dengan tasbih, tahmid, tahlil dan takbir.
6.      4 kalimat ini merupakan perisai yang melindungi hamba dari api neraka
HR imam al hakim dinyatakan sahih oleh al dzahabi dan al albany
Rosul bersabda,”ambilah perisai kalian. Maka para sahabat berkata, wahai rosul, apa musuh sudah datang?. Rosul bersabda, bukan, ambilah tameng ini untuk melindungi api neraka. Ucapkanlah subhanallah, alhamdulillah, laa ilaha ilallah, allahu akbar. Inilah tameng kalian, 4 kalimat ini akan datang di hari kiamat yang akan menyelamatkan kalian.
Jadi di hari kiamat nanti, smua orang akan datang sendiri2 menghadap Allah. Dan saat itulah 4 kalimat ini akan datang di depan kita,melindungi kita. Dan 4 kalimat tsb adalah amalan yang pahalanya akan abadi.
7.      4 Kalimat itu adalah kalimat pilihan allah
HR ahmad disahihkan oleh al hakim dan al albany
Nabi saw bersabda, sesungguhnya memilih dari sekian banyak kalimat, 4 kalimat. Yang 4 kalimat yang allah pilih untuk dijadikan wirid oleh hambanya, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaha ilallah, allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan subhanallah, maka allah akan tuliskan untuknya 20 pahala atau allah swt akan hapuskan untuk dia 20 do’a. Barangsiapa yang  mengucapkan allahu akbar, juga sama. Barangsiapa mengucapkan laa ilaha ilallah, juga sama. Barangsiapa mengucapkan alhamdulillahirobbil’alamiin, dan dia mengucapkan itu dengan sendirinya tanpa ada sebab tertentu, Allah akan memberikan pahala 30 atau dihapuskan dosanya 30.
Disana terlihat kalimat alhamdulillahirrobbil’alamin berpahala lebih banyak dari kalimat yang lain, kata para ulama biasanya kalimat alhamdulillahirobbil’alamiin diucapkan berserta sebab. Seperti setelah bersin, setelah makan,minum dll. Kalau diucapkan setelah mendapat nikmat, itu jadi seolah2 alhamdulillah itu diucapkan sebagai timbal balik.
Maka nabi menganjurkan agar kita setiap berbuat dosa, segeralah berbuat amal, beristighfar. Jangan biarkan hati kita penuh dengan dosa dan berkarat. Karena kalau hal itu terjadi maka akan sangat sulit untuk membersihkannya.
8.      Akan memberatkan timbangan
Kata ali bin abi thalib, sekarang di  dunia kita adalah waktunya mengumpulkan amal, karena besok di hari kiamat yang ada adalah  penghitungan amal.
HR ahmad disahihkan ibnu hiban ddan al albany
Nabi bersabda, wah....ada 5 yang berat timbangan. Laa illaha illalah, alhamdulillah, subhanallah, allahu akbar, anak  sholeh yang meninggal sedangkan kedua orang tuanya bersabar dan mengharap pahala dari sholeh.

2 komentar: