Minggu, 11 Mei 2014

Fiqih sirah nabiwiyah ; Kelahiran Nabi



KELAHIRAN NABI MUHAMMAD
Abdul mutholib pernah bernadzar, jk py anak laki2 sampai 10 maka akan sy sembelih salah satu anaknya. Maka beliau dikaruniai allah 10 anak laki2 6 perempuan. Maka dikocokla 10 nama itu, dan yg keluar adalah abdullah. Dimasukan dan dikocok lagi, yang keluar tetap sama. Abdul mutholib berdoa  “ya allah, berikan petunjuk antara sy menyembeleh abdullah atau 100 ekor unta”. Maka dimasukan lagi undian itu, dan dimasukan 2 pilihan yaitu abdullah atau 100 unta. setelah dikocok dan dikeluarkan....maka yang keluar adalah menyembelih 100 unta.
saat abdullah dewasa, dicarikan wanita yaitu aminah binti wahab. Tak lama setelah pernikahan, aminah hamil, ditengah2 hamil abdullah melak perjalanann dagang ke negeri syam –suria,palestina, libanon,yordania-. Abdullah berdagang di kota gaza, setelah dari gaza sebelum pulang  dia mampir di madinah utk beristirahat. Allah menakdirkan hanya  beberapa hari dimadinah, beliau meninggal pada usia 25 th`
Padahal aminah istirnya sedang hamil yg nantinya menjadi muhammad.  Ada beberapa kejadian kisah ketika aminah mengandung nabi muhammad.

Hadis ahmad dinilai syahih oleh al hakim, adz  dzahabi dan syeh al albani
 “wahai  nabi, ceritakan bagaimana pertama kamu muncul”
Rosul menjawab, muncul aku pertama karena doa nabi ibrohim, yang kedua munculnya aku akan adanya kabar gembira oleh nabi isa,dan yg ketika ibuku ketika mengandung bermimpi dari tubuhnya memancarkan cahaya yg menyindari istana2 dari syam”

Mengenai doa nabi ibrohim, allah ceitakan pd surat al baqoroh;129

Kabar gembira yg dibawa nabi isya, ada dlm surat ash shoof;6
“setelah ku nanti akan muncul nabi lain yaitu ahmad”

Dan ini ada dalam taurot dan injil, tp sayang sudah dihapus oleh oknum2.
Kata imam ibnu katsir,”keyatiman yg dialami oleh muhammad adalah keyatiman tingkat tertinggi”
Nabi terlahir di suatu fajar dan baru sehari lewat dari hari kelahirannya, nabi sudah bisa membuka matanya dan melihat langit.
HR al hakim dinyatakan hasan oleh at thobroni
Ketika malam nabi muhammad lahir, datanglah seorang yahudi yg tinggal di kota mekah yg biasa dagang. Dia dtg ke orng2 quraisy, wahai orang2 quraisy apa malam ini telah terlahir seorang bayi diantara kalian? Merka berkata “wallahi kami tak tau”
Maka dia berkata, seandainya tak ada maka tak apa2, akan tetapi simak baik2 “pada malam hari ini telah lahir seorang nabi terakhir umat ini, di salah satu bagian tubuhnya ada tanda sebesar telur di punggungnya yg ditumbuhi rambut2 halus.”
Setelah itu maka smua orang heboh dan pulang utk cari tau siapa bayi itu.
Setelah ketahuan bayinya, maka orang yahudi itu ingin segera menemui bayi itu. Setelah melihat bayinya, maka yg diliat adalah tanda dipunggunnya, begitu liat tanda itu , orang yahudi itu pingsan.
Setelah bangun org yahudi itu berkata,”demi allah kenabian telah lepas dari bani isroil dan ternyata muncul diantara kalian orang2 quraisy” dan anak ini akan mempunyai pengaruh dari timur ke barat.

Kapan nabi lahir?
Nabi lahir pada hari senin, dan ini tak ada perbedaan pendapat


HR muslim
Abu qta al ansori bertutur, beliau ditanya ttg puasa hari senin. Maka rosul bersabda hari itu aku dilahirkan dan dihari senin pula  aku mendapat wahyu pertama kali.
Disamping itu hari senin adalah pertama kali nabi sampai ke madinah ketika hijrah dari mekah.

HR bukhari
Kabar ttg hijrahnya nabi ke madinah telah terdengar di madinah. Maka mereka selalu menunggu nabi tiap hari. Dan di suatu senin terllihat nabi sampai, maka diumumkan pada warganya
Dan di hari SENIN nabi wafat ini disebutkan dalam HR bukhari

Tahun? 
Menurut mayoritas ulama nabi lahir di tahun gajah. Yaitu tahun ketika Abrahah ingin menghancurkan ka’bah dg membawa tentara gajah. Tahun hijriah blum ada, tp masehinya 571 M
Bulan?
Ada ulama yg mengatakan bulan ramadhan, ada yg mengatakan bulan robi’ul awal. Yg paling kuat adalah bulan robi’ul awal


Tanggal
Ada beberapa pendapat,
a.       2 robi’ul awal  - imam ibnu abdil bar
b.      8 robiul awal – abdul khatab bin dinniah
c.       9 robiul awal –pendapat para ahli falaq
d.      10 robiul awal – imam ibnu assa
e.      12 robiul awal – mayoriata ulama, tp kt imam ibnu katsir riwayatnya dhoif krn sanadnya putus
f.        17 robiul awal –
g.       22 robiul awal
Kt imam ibnu katsir, kebanyakan pendapat diatas tak didukung hadis yg sahih.
Plajaran yg bisa dipetik
1.       Cahaya yg keluar dr tubuh aminah, imam ibnu rojab menjelaskan, bahwa cahaya yg muncul dari aminah itu menunjukkan isyarat ttg hidayah yg dibawa nabi muhammad yg akan menerangi seluruh penjuru dunia. Dan dg cahaya itu gelapnya kesyirikan akan terhapus. Maka allah menamakannya dg NUR
Surat al maidah ;15-16
Cahaya itu menerangi syam, kt imam ibnu katsir agama islam di negeri syam akan tetap kokoh teguh disana. Maka nabi isa ketika di hari akhir akan turun ke bumi, dia turun di negeri syam.
2.       Mengapa byk pendapat ttg tanggal? Hikmahnya….adalah krn tidak ada ibadah khusus apapun bentuknya yg disyariatkan di hari itu. Beda dg tanggal2 lainnya spt 1 syawal, 10 dzulhijjah dll,itu pasti. Tp blum ada perselisihan para ulama bhw nabi meninggal pada 12 robiul awwal.
3.       Apa yg bisa dipetik dr keyatiman nabi?
a.       Untuk menutup cellah setiap orang yg  ingin menuduh nabi bahwa ajaran yg  beliau bawa itu didpat dari bapaknya
b.      Allah menghendaki nabi memiliki perasaan kasih sayang  yg sangat dalam
Kondisi keprihatinan di waktu kecil akan memberikan mental baja tuk menghadapi sgala kesulitan hidup.
c.       Pentingnya peran ibu. Hal inipun banyak dialami oleh para nabi lain, contohnya nabi isa, nabi musa as, nabi ismail as )ibbrohim;37). Para sahabat jg banyak yg didik oleh ibunya, anas ibnu malik, dari ulama, imam malik, imamsyafii, dill.
d.      Kesuksesan anak atau kekayaan tak tergantung dia itu yatim atau bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar