Minggu, 04 Mei 2014

DZIKIR YANG PALING UTAMA



Rosul bersabda “wahai sahabatku, maukah aku katakan amalan yang paling afdol?. Kemudian nabi menyebutkan keistimewan2…..dan menyebutkan amalan paling utama adalah dzikrullah”(HR tirmidzi) disahihkan oleh syeh al albany
Dzikir itu macam2 bentuknya, bukan Cuma laa ilaha ilallah, astaghfirullah. Smua ucapan yang baik adalah dzikir. Ucapan seorang istri yang mengingatkan suaminya yg tak sholat, itu adalah dzikir, berdoa juga dikategorikan dzikir.
Diantara dzikir2 tersebut, ada dzikir yang paling afdol. Para ulama menjelaskan bahwa membaca al quran adalah dzikir yg paling afdol. Berdasar dalil
HR ahmad disahihkan oleh al alna’uf
Rosul bersabda,”kalimat paling afdol sesudah al Qur’an, kalimat tersebut adalah bagian al quran. Kalimat itu ada 4, tidak masalah akan mulai dari mana. Subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, allahu akbar.”
Dalam hadis diatas disebutkan, 4 kalimat itu merupakan kalimat utama, Orang yang sering mengucapkan 4 kalimat ini, bagaikan menanam pohon di surga. Tapi 4 kalimat itu tetap kalah dibandingkan Al quran.
1.      Jika kita membaca Al quran, banyak ulama yg mewajibkan berwudu. Tapi jika membaca 4 kalimat itu, kita tak diwajibkan berwudhu , padahal 4 kalimat itu adalah bagian dari al quran. Itu salah satu bukti keutamaan dzikir al quran.
2.      Sebelum kita membaca al quran, kita disunahkan bersiwak, tapi tuk membaca 4 kalimat itu kita tidak disunahkan.
3.      Membaca al quran itu harus dengan tartil…
Itu menunjukkan bahwa untuk berdzikir Al quran, ada aturan2 yang harus dipatuhi, tapi tidak begitu dengan mengucapkan 4 kalimat itu. Maka perbanyaklah dzikir dengan Al quran.
Tapi masalahnya, apakah kita boleh disetiap waktu membaca Al quran?
Ada beberapa waktu dimana kita dzikir dengan al quran
1.      Sehabis sholat
Membaca al quran disini bukan langsung setelah sholat. Tapi sehabis kita berdzikir sesuai tuntunan rosul. Yaitu , istighfar, tahmid, tahlil, takbir….baru kita boleh membaca Al Quran. Itu yang lebih utama, karena tuntunan rosul itu sehabis sholat adalah berdzikir membaca istighfar, tahmid, tahlil,takbir. Disini pentingnya kita menempatkan diri. Walau membaca Al Quran itu sangat amat penting, tapi kita tetap harus memperhatikan sunah rosulnya. Jadi tak selamanya membaca Al quran itu no 1.
Misal yang lain, ketikah ruku atau sujud, kita lebih utama membaca tasbih.
Rosul;”sy dilarang Allah membaca Al quran ketika ruku dan sujud, ketika ruku agungkanlah Allah. Bacalah subhanallah robial ‘adzim saat ruku, saat sujud perbanyakla doa(setelah baca subhanallah robial a’la)” (HR Muslim)
“Barang siapa mencari keridhoan Allah, “walaupun orang2 disekelilingnya membencinya maka Allah akan ridho kepada dia. Dan menjadikan orang2 di kemudian hari ridho padanya. Barang siapa mencari keridhoan manusia dengan melakukan hal2 yang dimurkai Allah. Allah akan murka pada orang2 seperti itu dan menjadikan manusia benci pada orang tersebut.”

AL QURAN DIPAHAMI BUKAN CUMA DIBACA
Membaca al quran seharusnya bisa membuat kita merasa nikmat, jika itu dilakukan dengan sepenuh hati. Jika kita masih belum merasakan nikmatnya membaca al quran, maka bisa jadi karena kita Cuma bisa membaca saja tapi tidak memahami isinya.
Alquran dituntut untuk dipahami, bukan Cuma di baca.
Dalil :
1.      Allah telah merintahkan pada kita untuk memahami al quran, dan dalil2 yang menunjukkan itu terlalu banyak. Diataranya 

Surat muhammad :24


 artinya : Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci? 


Hadis Muslim
Rosul bersabda,”tidakla sekellompok orang berkumpul Allah  dan mereka membaca al quran dan mempelajari isinya.”
Orang-orang tesebut akan turun ketenangan hati mereka, akan turun kasih sayang allah, dan akan dikelilingi dan dipuji2 malaikat.
Maka para sahabat nabi itu, sangat enggan berpindah ke ayat lain jika belum memahami ayat alquran.

Diceritakan oleh imam ibnu mas’ud

Salah seorang diantara kami saat mempelajari 10 ayat, maka kami tak akan meninggalkan ayat2 tersebut sebelum kami memahami dan menghayatinya.
Jadi bukan masalah berlomba2 qatam dengan suara bagus tapi mereka tak paham artinya.
Diceritakan ibnu umar bin khatab
Dia membutuhkan waktu 8 tahun untuk menghafal surat al baqoroh. Orang se hebat umar, membutuhkan waktu bgt lama bukan karena beliau tak pandai menghafal. Tapi karena beliau memahami betul artina.
Para ulama kita dulu jg seperti itu, tabi’in mastruh bin al a’dah. Beliau  demi mencari tafsir sebuat ayat, beliau rela menempuh berjalan ke kota basrah (irak)yg jaraknya ribuan kilometer. Begitu sampai di kota basrah, maka diberitahukan bhw orang yg kamu cari lagi pergi ke kota syam(libanon). Coba bayangkan...sudah cape ribuan kilometer, tapi tak bertemu. Tapi dia  tak putus asa, dia kembali berjalan ke negeri syam untuk demi satu tafsir ayat.
2.      Karena Rosulullah membaca al quran sambil memahaminya
Diceritakan hudzaifah, ketika rosul membaca surat yg melewati ayat yang ttg kasih sayang allah, maka rosul segera memohon, ketika melewati ayat siksa, rosul memohon perlindungan, seandainya melewati ayat yang menyusucikan Allah, beliau bertasbih.   (HR An Nasai )dinilah sahih oleh ibnu al husaimah dan al albany. 

Diceritakan oleh para sahabat, nabi kalau sholat sering menangis. Spt diceritakan oleh abdullah ayahnya al muttoriq, sy ke rumah rosul dan nabi sedang sholat.

ADAB MEMBACA ALQURAN
Al quran merupakan kitab yg istimewa, karena keutamaan al quran sama dengan keutamaan Allah, seperti yg diceritakan olehnAbdulah abdul rohman as syulami ra.
1.      Membaca al quran harus ikhlas
Membaca al quran merupakan adab yg pertama. Tapi sayang jarang diamalkan. Padahal allah telah memerintahkkan. Dan membaca itu harus dilakukan dengan ikhllas. Tanpa keikhlasan ibadah apapun tidak akan mendatangkan pahala.
Dalam sebuah hadis yang sahih Rosul bersabda, orang yg masuk neraka pertama kali ada 3, pertama orang yg rajin berinfak, orang yg  membaca al quran dan mengajarkannya, ke tiga orang yg berjihad. Mereka berinfak karena ingin di puji, mereka membaca al quran supaya dipuji, mereka berjihad karena ingin dikatakan hebat. Maka Allah berkata, “dusta kamu, dulu kamu melakukan itu karena ingin dipuji” maka diseretlah mereka ke neraka.

Maka disini sangat penting sekali niat dalam beribadah, Kata imam sufyan asy sauri, “sy itu tak pernah susah mengatur sesuatu selain niat”.
2.      Berwudhu
Jika seorang muslim ingin memegang mushaf al quran sebaiknya menyentuhnya dalam keadaan suci.
Surat al waaqiah 79
žArtinya : "tidak menyentuhnya kecuali yang disucikan"
Yg tak boleh disentuh disini menurut banyak ulama adalah lauhul ma’fud. Lauhul ma’fudz adalah al quran yg ada disisi allah. Dan yang suci adalah malaikat. Kt syaiful islam ibnu taimiyyah adalah lauhul ma’fudz yg ada di atas itu sama dengan ada yg didunia.
Rosul bersabda, hendaknya tidak menyentuh al quran kecuali orang dlm keadaan suci
Hr malik, disahihkan oleh syeh al albany

Maka mayoritas ulama 4 madzhab, menyatakan tidak boleh memegang al quran kec dalam keadaan suci. Tetapi jika kita membaca al quran tanpa memegang al quran itu dibolehkan.
 
HR bukhari muslim

Ibnu abbas bercerita, pada saat sy menginap, di tengah malam sy melihat rosul bangun, ketika bangun beliau mengusap mukanya, kemudian membaca 10 ayat terakhir surat ali imron. Baru beliau berwudhu.”

Bagamana bila dalam keadaan junub? Junub ada 2 macam bisa krn mimpi atau habis melakukan hubungan suami istri. Dalam keadaan ini, maka tidak boleh sama sekali membaca al quran baik memegang al quran atau tidak.
HR tirmidzi dinyatakan hasan oleh beliau

Rosul membacakan kpd kami dalam keadaan kondisi, kecuali dalam 1 kondisi yaitu dalam keadaan junub.

Jk wanita dalam keadan haid atau nifas?
Insya allah diperbolehkan membaca al quran tapi tidak boleh memegangnya. Knapa disini boleh? Karena tidak ditemukan dalil yg melarang wanita dalam keadaan haid atau nifas membaca al quran.
Ibadah yg ga baleh utk wanita haid
-sholat,puasa, towaf, i’tikaf, jima’, membaca al quran dg memegang.

3.       Membersihkan mulut dg siwak
Jika terpaksa tidak ada siwak, maka dibolehkan menggunakan sikat gigi. Krn intinya adalah membersihkan mulut.
Dalam suatu hadis, sesungguhnya malaikat itu merasa terganggu dg sesuatu yg mengganggu manusia.
Dalil :
Hadis hudzaifah dalam shohih bukari muslim
Sesungguhnya nabi SAW jk bangun malam untuk tahajud, nabi akan membersihkan mulutnya dengan siwak
Jadi nabi sangat menjaga kebersihan dankesegaran mulutnya, apalagi ini akan bermunajad kepada Allah. Dan nabi tak hanya saat akan membaca al quran aja, dalam berbagai kondisi nabipun bersiwak
Hr muslim

Aisyah berkata, nabi jika  masuk ke rumah yg pertama kali dilakukan adalah bersiwak.


4.       Mengucapkan istiadzah (audzubillahiminnasyaitoonirrojiim) dan bismilah
Dalilnya
Surat an nahl ; 98

“seandainya kalian akan membaca al quran, maka beristiadzahlah.
HR abu dawud sahih syeh al albani
Nabi jika akan membaca al quran membaca istiadzah.
 Apa manfaatnya;
-          Agar syetan2 itu menjauh dari kita, sehingga kita akan mudah bertadabur(menghayati) ayat al quran.
 
5.       Membaca al quran dengan cara tartil dan tidak cepat
Surat al muzzamil; 4
“bacalah al quran dg cara yg tartil. “
Maksudnya tartil adalah membaca dengan perlahan, tidak tergesa2, memperhatikan huruf dan harokat yg dibaca.
Ada sebagian orang yg bangga membaca dengan cepat, bergumam itu smua tak sesuai dg perintah allah
Maka dalam sebuah HR bukhari
Manakala anas bin malik ditanya, wahai anas, cara nabi membaca al quran spt apa? Anas menjawab, “nabi membaca al quran dengan dipanjangkan.”  Seperti apa?
Kemudian anas membaca, bismillaahirromaanirrohiiim. Dan beliau membaca ayat per ayat. Tujuan smua itu adalah supaya kita bisa lebih sempurna dalam memahami al quran.
Oleh karena itu para ulama jaman dahulu, tak suka membaca dengan cepat krn akan melewati makna dari al quran. Banyak orang rajin membaca al quran tapi tidak pernah bisa membawa perubahan pada perilakunya.
Jika kita membaca dg memahami al quran, maka akan ada perubahan perilakunya. misalnya
Surat al fajr; 15-16
“adapun manusia kalau mereka diuji oleh Allah diberi rizki, merka akan bilang allah itu sayang sama sy. Tapi jika kita lagi diuji oleh Allah dengan dikurangi rizkinya, maka mereka  akan bilang bhw Allah tidak sayang pd sy.”
Saat kita membaca ayat tersebut, dan kita pahami maka kita akan tetap yakin kalau Allah sayang pada kita walau rizki kita tak banyak.

6.       Membaca al quran dengan suara yg bagus dan merdu
Hr abu dawud sahih oleh syeh al albany
Rosul bersabda,hiasilah al quran dengan suaramu.
Al quran sudah indah, tapi hiasilah dengan suara kita. Sehingga orang yg mendengarkan akan menjadi tersentuh.
Hr bukhari muslim
Rosul bersabda, bukan termasuk umatku orang yg tak melagukan al quran.
Maksudnya disiini, kita lakukan semampunya untuk membaca dg jelas, panjang pendeknya jelas, tajwidnya jelas, ma’rojnya benar.
Ada cerita dari seorang yg ikut MTQ dan dia sudah belajar di arab. Bertemulah dg juri, kata juri bahwa orang indonesia suaranya kalau baca itu baguuus, tapi sayang ma’rojnya banyak yang salah
Jadi bukan masalah suaranya melengking bagus, tapi harus sesuai dengan tajwid dan ma’roj yg benar.
7.       Membaca al quran dengan khusyu
Artinya saat kita membaca al quran, kita betul2 meresapi dan hayati . ini jg berlaku saat kita mendengar bacaan al quran.
Rosul jika mendengarkan para sahabat membaca al quran, beliau sampai menangis krn begitu menghayati isinya.
Surat al isro ayat ;109
arti : Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu´. 
8.       Bertasbih saat membaca ayat tasbih, berta’awudz ketika membaca ayat adzab, dan memohon pd allah jk bertemu ayat rahmat.
Contoh, saat membaca surat al a’la pd ayat pertama
“bertasbihlah, sucikanlah allah robb yg maha tinggi”, maka saat itu disunahkan membaca subhanallah.
Misal lain, jk ada ayat ttg penghuni neraka,ttg siksa neraka maka kita disunahkan membaca ta’awudz
Begiitu jg saat kita membaca ayat ttg rahmat, misal ketika allah bercerita ttg surga. Maka kita disunahkan memohon pada allah.

Hudzaifah ra, berkata, jk rosul melewati ayat ttg kasih sayang allah, surga allah, maka beliau meminta untuk dimasukan ke surga, berikanlah kasih sayangmu. Dan seandainya melewati ayat adzab, beliau langsung meminta perlindungan.
HR an nasai disahihkan oleh syeh al albany


9.       Sujud jk melewati ayat sajadah
Ayat sajadah adalah ayat yg isinya cerita kisah ttg orang2 yg sujud pada allah, atau perintah untuk sujud.
Contoh paling gampang adalah akhir surat al ‘alaq
Maka saat itu kita disunahkan untuk sujud tilawah. Dalam al quran ada 15 tempat untuk sujud tilawah. Tapi ini sunah, jd kalau ga melak jg ga pa2. Tapi usahakan diamalkan. Baca sujud tilawah adalah sama dg sujud dalam sholat, “subhana robi’al a’la “. Setelah itu bisa ditambahkan doa yg  biasa diucapkan oleh rosuluulah, namun seandainya tidak hafal, cukup mengucapkan subhanallah robial a’la 3x
10.   Berhenti membaca saat kita mengantuk
HR muslim
Rosul bersabda,” kalau kalian sholat malam, kemudian lisannya tidak jelas dalam membaca al quran, dan dia tidak sadar apa yg dia baca, hendakla dia kembali tidur sampai ngantuknya hilang

Dalam hadis lain, rosul bersabda, bisa  jadi dia niatnya minta ampun maka lisannya salah dan dia malah mencaci dirinya.
Kata para ulama, ketika sedang menguap, kita juga diharuskan berhenti membaca dulu.
11.   Dianjurkan membuat jangka waktu tertentu untuk mengkhatamkan al quran
Coba kita buat target, kita mo khatam 1 buan sekalii, 1 minggu sekali,.
HR bukhari
Rosul bersabda, coba khatamkan al quran dalam 1 bulan. Kemudian abdulan ibnu amr berkata, wahai rosul sy masih kuat untuk baca lebih  cepat dari itu. Ya sudah, khatamkan al quran selama 7 hari. Abdulah datang lagi, wahai rosul, sy masih kuat lagij. “ya sudah khatamkan al quran dalam 3 hari.”
12.   Disunahkan mengeraskan bacaaan jk tak menganggu
Rosul suatu saat keluar malam dan melewati rumah abu bakar, ternyata abu bakar sedang sholat malam, dan membaca dengan sangat lirih. Kemudian melanjutkan ke rumah umar, ternyata jg sedang sholat malam dan diia membaca dg suara keras. Ke esokan harinya nabi memanggil keduanya. Dan berkata,”wahai abubakar, sy td malam lewat rumah kamu, kenapa membaca sangat lirih?”
Wahai rosul, sy ketika membaca sudah didengar sama allah, maka tak perlu keras2.
“wahai umar, sy lwt rumah kamu dan membaca dengan suara keras. Kenapa?”
Sy mengeraskan bacaan dengan 2 tujuan, pertama membangunkan keluarga sy yg masih mengantuk dan mengusir syetan.”
Kemudian nabi berkata,” wahai abubakar, angkat suaramu sedikit. Wahai  umar, turunkan suaramu sedikit”
Imam al nawawi dalam kitabnya mengatakkan, ada dalil2 yg memotivasi kita untuk mengeraskan suara membaca al quran, tapi ada jg dalil2 yg memotivasi dg membaca suara yg lirih. Kta al nawawi, bagi mereka yg takut riya, bacalah dengan suara lirih. Bagii yg takut riya, bacalah dg suara keras.
Husaid al kudry berkata, pada suatu rosul bertiktikaf di masjid, ketika ber i’tikaf beliau mendengar para sahabat membaca al quran dg suara keras. Bgt nabi mendengar tsb, beliau membuka tirai, “ketahuilah para sahabat, sesungguhnya kalian sedang bermunajad pada Allah maka janganlah kalian saling mengganggu. Janganlan keras2 dalam membaca bacaan.”Hr abu dawud disahihkan oleh imam khuzaimah dan syeh al albany
Membaca dalam istiralah arab, adalah menggerakan bibir entah dengan suara lirih atau keras. Kalau kita membaca al quran tp bibirnya tak digerakan, maka kita tak akan mendapat pahala membaca pahala.
13.   Diperbolehkan bagi kita untuk membaca sambil duduk, berdiri, berjalan, berbaring atau saat naik kendaraan
Surat ali imron 191
“orang2 yang berdzikir mengingat allah ketika sedang berdiri, duduk, dan berbaring.”
Dzikir yg paling afdol adalah membaca al quran. Disebutkan dalam
Surat al hijr ;9
Dan ini diamalkan oleh para sahabat rosul
Pada suatu muadz bin jabal bertemu abu musa, wahai abumusa, bagaimana cara engkau membaca al quran.
Abu musa.”aku membaca al quran sambil berdiri, duduk, dan ketika di kendaraan. Dan aku membaca al quran sedikit demi sedikit. Lha kamu bagaimana muadz?
Muadz, kalau saya malam tidur dulu, setelah seger bangun baru sy baca al quran. Tapi sy ketika tidur sy mengharapkan dari tidurku mendapat pahala, sama ketika sy mengharap pahala ketiika membaca al quran.

Bagaimana caranya  tidur mendapat pahala?krn sebelum tidur dia berniat. “wahai robbi, sy diawal malam segera tidur supaya tubuh dan badan ssy segar sehingga di awal malam sy ringan dan segera bangun”
Hr bukhari muslim

Wahai manusia, hendaklah kalian beramal dengan amalan yg kalian mampu jangan melebihi kemampuan kalian, sesungguhnya allah itu tidakakan bosan sekalipun kalian merasa bosan. Sesungguhna amalan yg paling dicintai allah adalah amalan yg terus menerus walaupun sedikit.

3 komentar: