Rabu, 07 Mei 2014

Bulan Sya'ban



Dalam banyak hadis sahih disebutkan, bahwa Rosul tidak pernah puasa sedemikian banyak di bulan sya’ban melebihi puasa-puasa di bulan lainnya selain bulan ramadhan.

Salah seorang sahabat usamah bin zaid ra, wahai rosul aku tak pernah melihatmu berpuasa satu bulan banyaknya seperti puasamu di bulan sya’ban. Kenapa?
Rosul bersabda, bulan ini adalah sering dilupakan banyak orang, karena diapit oleh bulan rajab dan ramadhan. Padahal bulan sya’ban adalah bulan dimana seluruh amal perbuatan manusia dilaporkan pada Allah SWT. Dan aku berpuasa. Usamah bertanya; kenapa berpuasa ?
Rosul bersabda, dan aku ingiin saat amalan dilaporkan, aku sedang berpuasa
HR an nasai dinyatakan hasan oleh syeh al albany

Ternyata laporan malaikat itu ada yg sifatnya harian, mingguan, tahunan.
Selain karena tuntunan rosul, maknyanya adalah supaya kita bisa siap menghadapi bulan ramadhan.  Bagaimana caranya agar puasa kita di bulan sya'ban lebih banyak dibanding bulan-bulan lain?
Kalau di bulan-bulan lain kita cuma biasa puasa senin - kamis, yaa usahakan di bulan sya'ban ditambah puasa tengah bulan 14,15,16 (Hijriah). Kalau yang di bulan-bulan lain tak pernah puasa, usahakan puasa senin kamis. dan kalau sudah biasa menjalankan puasa senin kamis serta puasa tengah bulan, jika kuat niatkan bulan sya'ban dengan puasa nabi daud yaitu sehari puasa sehari tidak, selama satu bulan.

Tapi walaupun begitu, tetap lebih istiemewa bulan ramadan. Jadi jangan sampai karena terlalu bersemangat berpuasa di bulan sya’ban jadi saat ramadhan datang malah tidak maksimal.
Kalau memang tidak kuat, ya lebih baik ga usah puasa sya’ban. Pilih yang utama, puasa ramadhan.
Semoga bermanfaat .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar