Rabu, 21 Mei 2014

Syafaat



SYAFAAT

Sering kita mendengar kata syafaat, diantaranya ; Rosul akan memberikan syafaatnya nanti di hari kiamat, atau Allah memberikan syafaatnya. Tetapi apa itu syafaat?  dan apa syarat untuk memperoleh sebuah syafaat? banyak orang yang belum tau tentang hal ini. Mari kita kaji lebih lanjut.
SYAFAAT merupakan bagian dari akidah berdasar dari sunah2 rosul SAW, jg keteranganpara sahabat.
Dalil dari Al quran 
Dalil surat thahaa;109
Arti :pada hari itu syafaat tidak bermanfaat kecuali bagi siapa yg diberi izin oleh Allah dan diridhoi perkatanaannya.
Surat al anbiya 28
 Arti :

Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka tiada memberi syafaat  959  melainkan kepada orang yang diridhai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya..
Dari kedua ayat tsb membuktikan bahwa syafaat itu ada, walau sebagian orang ada yg menyangkalnya.
Diantara yg disangkal adalah syafaat yg diberikan kepada kaum muslimin yg masuk neraka dan mengeluarkan mereka dari neraka. Krn menurut mereka, org yg sudah masuk neraka tidak bisa keluar.
Syafaatul uzma adalah syafaat yg paling agung yg hanya dimiliki oleh rosulullah SAW untuk segera dimulainya perhitungan amal.
Dalil dari sunah nabi ;
Dalil2 tentang syafaat sgt banyak, dan banyak ulama yg menyatakan hadis2 yg berkenaan ttg syafaat merupakan hadis mutawatir. diantara hadis itu adalah
HR bukhari muslim
Dari abu said al kudri, rosululllah saw bersabda, pada hari kiamat nanti allah akan memasukkan penghuni surga ke surga, allah jg akan memasukan jg kedalamnya siapa yg DIA kehendaki dg rahmatnya, dan allah akan memasukkan penghuni neraka ke neraka dan allah berfirman, “lihatlah siapa yg di dalam hatinya ada iman, walau sebesar biji sawi, maka keluarlah”. Dan kata rosul, tatkala mrk dikeluarkan dari neraka, mereka sudah jadi arang. Kemudian manusia para penghuni neraka yg sudah menjadi arang, dimasukan ke dalam sungai kehidupan. Kemudian manusia itu ketika dimasukanke sungai kehidupan, tubuh itu tumbuh kembali seperti tumbuhnya biji yg tersiram oleh air.
HR muslim
Dari abu said al kudri, rosul bersabda, adapun para penghuni neraka yg mereka akan kekal didalamnya itu adalah orang2 kafir. Mereka itu tidk hidup didalamnya dan tidak mati didalamnya. Ada jenis yg lain yg dulu di dunia melakukan perbuatan dosa (muslim),  mereka itu akan dimandikan Allah SWT, dan ketika dimandikan mereka sudah menjadi arang. Dan pada saat itulah Allah member izin diberikannya syafaat. Kemudian orng2 yg tlah menjadi arang td didatangkan berkelomppok2, lalu mrk dimasukkan dalam sungai2 surga dan dikatakan “wahai para penghuni surga, siramila mereka “ maka mereka tumbuh seperti biji yang tumbuh dari air.
Hadis ini jelas, bahwa org muslim yg masuk ke neraka itu tidak kekal, dan akan dikeluarkan bila ada iman walau sebesar biji sawi.
Dan para ulama bersepakat (ijma’) bahwa syafaat itu memang ada.
Perkataan para sahabat, anas bin malik,”barangsiapa yg mendustakan syafaat, maka dia tak mendapat bagian darinya”
Setelah mengetahui hal tersebut, mungkin terbersit di pikiran kita, “ah….brarti yg penting tauhidnya lurus, ga masalah dosa. Toh nanti akan mendapat syafaat”
Smoga jangan sampai kita berfikir seperti itu, krn masuk neraka itu bukan pilihan, dan kita tak tau berapa lama kita di neraka.  Krn sesungguhnya siksa neraka itu sangat amat pedih, spt sabda rosulullah.
Rosul bersabda,”sesungguhnya siksaan yg paling ringan di neraka, ialah seseorang yg diletakkan di kakinya bara api yg akan mengakibatkan otaknya mendidih. Org yg mendapat siksaan itu mengira taka ada org yg mendapat siksaan sepedihitu, padahal itu yg paling ringan.”(HR bukhari muslim)
Dan perlu di ketahui bahwa 1 hari di neraka adalah sama dengan 1000 tahun. Bisa dibayangkan betapa pedihnya walau di siksa di neraka dalam 1 hari.
JENIS SYAFAAT
Syafaat bisa dibagi jadi 2; syafaat secara umum dan syafaat secara khusus.
1.       Syafaat khusus
Adalah syafaat yg diberikan khusus kepada nabi dan sebagian ada yg diberikan pada selain nabi.
a.       Asyafaatu uzma (syafaat yg paling besar)
Adalah syafaat rosulullah ketika kita di padang masyar, dimana rosul memohon pada Allah agar Allah berkenan segera menghisab amal para hambanya.  Dan ini hanya dimiliki hanya boleh Nabi SAW.
HR bukhari
Dari ibnu umar ra, suatu saat Rosuullah bersabda pada hari kiamat nanti matahari akan didekatkan di kepala kita sampai keringat yg bercucuran membasahi setengah dari telinga kita. Ketika mereka dalam kondisi sperti iitu, merekapun meminta tolong kepda nabi adam supaya dia berkata pada allah utk segera allah memutuskan siapa yg ke surge, dan neraka. Kemudian perbi ke nabi musa, kemudian datang ke nabi Muhammad SAW. Kemudian rosulullah berjalan sampai memegang pintu surga, dan saat itu Allah SWT mengaruniakan suatu kedudukan yg mulia dan rosul di elu2kan oleh seluruh penghuni padang masyar.
b.      Syafaat utk membuka pintu surga supaya para penghuninya bisa memasuki surga
Hr muslim
Dari anas bin malik, rosulullah bersabda sy merupakan orang yg pertama kali memberikan syafaat di surga.
Dalam riwayat lain di hr muslim jg
Rosul bersabda, kemudian sy menuju ke pintu surga, setelah di pintu surga, maka nabi meminta agar pintu itu dibuka. Ketika nabi meminta, maka malaikat penjaga surge bertanya,”siapakah engkau?”
Maka dijawab,”sy adalah Muhammad”
Malaikat menjawab,”sy diperintahkan oleh Allah utk tidak membuka pintu surge ini kecuali dg permohonan darimu”
c.       Syafaat untuk meringankan azab org kafir bagi yg berhak mendapatkannya
Ini syafaat yg dimiliki rosulullah untuk pamannya abu tholib.
HR bukhari muslim
Dari abu said al kudry ra,suatu saat rosulullah disebutkan di hadapannya ttg pamannya abu tholib. Dan rosulpun bersabda, sy berharap smoga syafaatku pada hari kiamat nanti bermanfaat baginya(abu tholib), dia krn syafaatku ini maka abu tholib akan diringankan siksanya. Dia akan di siksa di permukaan neraka, dan api yg membakar dia sampai dimata kakinya yg mengakibatkan otaknya mendidih.”
d.      Syafaat bagi sebagian orang supaya mereka tak masuk surga tanpa dihisab
HR bukhari muslim
Dari abu hurairoh ra, Allah SWT berfirman pada nabi, “wahai muhammad, masukkan ke surga sebagian dari umatmu yg tidak perlu di siksa, masukkan mereka dari pintu sebelah kanan pintu surga.
Jml mereka dlm hr tirmidzi, hasan oleh beliau dan syeh al albany menyatakan sahih.
Dari abu umamah, rosul bersabda, sesungguhnya robbku telah berjanji kepadaku akan memasukkan ke surga 70.000 dari kalangan umatku tanpa di hisab dan tanpa di azab. Setiap 1000 dari yg 70.000 itu akan diberi tambahan lagi 70.000
e.      Syafaat utk mengangkat derajat sebagian penghuni surga.
Jadi bila ada seseorang yg masuk surga, maka krn syafaat nabi, dia diangkat derajatnya dari yg seharusnya diterima.
HR muslim
ummu salamah ra, ketika abu salamah meninggal dunia,rosulullah berdoa “wahai allah ampunilah abu salamah dan tinggikanlah derajatnya bersama orang2 yg mendapat hidayah.”
f.        Syafaat bagi pelaku dosa besar
Mereka yg melakukan dosa2 besar dari kalangan muslimin yg tentunya bertauhid, allah menjebloskan mereka ke neraka krn dosa2 mereka. Kemudian nabi,memberikan syafaat supaya mereka dikeluarkan dari neraka.
HR bukhari
Suatu hari rosulullah bersabda, akan keluar sekelompok orang dr penghuni neraka berkat syafaat nabi SAW dan mereka masuk surga. Mereka dinamakan “para eks penghuni neraka jahanam”
Syafaat jenis ini tidak khusus rosulullah sj yg mendapatkannya, tp nabi kita adalah yg terdepan.

2.       Syafaat yg ber sifat umum 
        Syafaat umum adalah syafaat yg diberikan pada selain nabi, siapa saja mereka?
a.       Syafaat para malaikat 
       Surat al najm;26
     

                Artinya
               
D
an berapa banyaknya malaikat di langit, syafaat mereka sedikitpun tidak berguna, kecuali sesudah Allah mengijinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridhai (Nya).    
b.      Syafaat para nabi selain nabi Muhammad saw
HR bukhari muslim
Dari abu said al kudri, ……….kemudian allah befirman, para malaikat memberikan syafaat, para nabi memberikan syafaat, dan para mu’minin memberi syafaat.
c.       Syafaat oleh kaum mu’minin
Kaum mu’minin ini adalah mrk yg diridhoi Allah. Jadi tidak harus seorang kiai atau seorang wali, selama Allah member rihoNYA. Maka dia tetap bisa mendapat syafaat.
Walaupun seorang itu di masyarakat dijuluki sebagai wali….tp jk allah tak meridhoinya, dia tetap tidak dapat memberi syafaat.
d.      Syafaat para syuhada yg meninggal di jalan allah
HR tirmidzi syehh al Albany menyatakan sahih
Rosulullah bersabda, org yg mati syahid, insya allah memiliki 6 karakter. Di akhir hadis ini, karakter ke 6 adalah, dan dia diperkenankan oleh allah utk memberikan syafaat 70 orang dari keluarganya`
Tapi mati syahid adalah preogatif allah, kita tidak bisa mengatakannya. Krn blum tentu yg terlihat mati syahid itu adalah mati syahid.
e.      Syafaat yg akn diberikan oleh anak2 kaum mu’minin utk ortu mrk.
Ini merup hiburan bagi para orang tua yg mengalami kehilangan anak, krn meninggal.
HR muslim
Dari abu hanan salah seorang tabi’in. suatu saat sy berkata pada abu hurairah ra, sesungguhnya sy punya 2 anak dan meninggal. Apakah engkau berkenan wahai abu hurairah suatu hadis dari rosulullah, yg dengannya bisa menghibur diriku. Abu hurairah berkata, ya akan saya sampaikan sebuah hadis. Rosul bersabda, anakkecil pada hari kiamat nanti akan menjadi anak2 kecil yg diberi syafaat, merka akan menjemput orang tuanya. Setelah menjemput, kemudian anak kecil itu memegang pakaian pakaian orang tuanya dan dia tidak akan melepaskan tangannya kecuali setelah allah berkenan memasukan anak tadi dan orang tuanya ke surga.
f.        Syafaat yg akan diberikan 0leh al quran
HR muslim
Abu umamah al bahigi ra, rosul bersabda ,“ bacalah al quran, pada hari kiamat nanti al aquran akan datang pada orang2 yg membacanya”
g.       Syafaat yg akan diberikan oleh puasa
HR ahmad dinilai shahih oleh al hakim, syeh al albany
Abdullah Ibnu amr ra bhw rosul bersabda Puasa dan al quran kedua2nya akanmemberikan syafaat bagi seorang hamba dihari kiamat.
SYARAT MENDAPAT SYAFAAT
Tak semua orang yg meminta syafaat akan mendapatkannya, krn harus memenuhi syarat2nya.
1.       Adanya izin dari Allah bagi org yg memberikan syafaat untuk memberi syafaat
       Dalilnya adalah :
Surat yunus ;3

 Artinya :
S
esungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? 
Surat thahaa;109

artinya :
P
ada hari itu tidak berguna syafa'at  946 , kecuali (syafa'at) orang yang Allah Maha Pemurah telah memberi izin kepadanya, dan Dia telah meridhai perkataannya. 
Maksud “kecuali yg diberi izin”, orang tersebut tak memberi syafaat kecuali allah telah memberikan izin.
Dan izin itu berhubungan dg
a.       Bagi orang yg memberi syafaat
b.      Orang yg diberi syafaat
c.       Berkenaan waktu memberikan syafaat
Hikmah tergantungnya syafaat dg izin allah adalah seluruh manusia hati mereka tergantung pada Allah sehingga terdapat kemuliaan tauhid. Karena di  hari akhir nanti pemilik hakiki adalah Allah sedang manusia hanya yg diberi syafaat allah.
Surat az zumar;44

artinya :
K
atakanlah: "Hanya kepunyaan Allah syafaat itu semuanya. Kepunyaan-Nya kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepada- Nyalah kamu dikembalikan"



Surat al Anbiyaa ;78
artinya :
D
an (ingatlah kisah) Daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu,


AMALAN PENYEBAB MENDAPAT SYAFAAT
1.       Istiqomah dalam tauhid
Tauhid adalah mempersembahkan sluruh ibadah hanya untuk Allah swt.
Rosul bersabda,”orang yg paling berbahagia utk mendapat syafaatku di hari kiamat, adalah orang2 yg mengucapkan laa illaaha ilallah dg penuh keikhlasan dan yakin” HR bukhari muslim
2.       Membaca al quran
Hr muslim
Rosul bersabda, bacalah al quran sesungguhnya al quran akan member syafaat pada para pembacanya
3.       Puasa
HR ahmad, disahihkan oleh al hakim dan syeh al albany
Abdullah ibnu amr, rosul bersabda,”puasa dan al quran kedua2nya akan member syafaat. Puasa berkata”wahai robbi, sesunggunya aku telah menghalang2i dari tidak makan di siang hari, dan ijinkan aku memberikan syafaat. Dan al quran berkata, sesungguhnya sy telah menghalang2i dia tuk tidur di malam hari, maka izinkan aku memberikan syafaat padanya. Maka diizinkanlah oleh allah.
4.       Senantiasa mengamalkan doa setelah adzan yg diajarkan rosul
HR bukhari
Rosul bersabda, barang siapa setelah adzan membaca doa”Allahumma robbahadihid da’watitaama wasyolitul qooimah aati muhammadin washilatan wal fa’dillah wangabdu muham’madanil ladzii wa’abdtah” berang siapa membaca doa ini setelah selesai adzan, dia berhak mendapat syafaatku di hari kiamat.
5.       Tinggal di kota madinah serta bersabar dlm hidup di dalamnya dan meninggal di madinah
Hr muslim
Abu hurairah ra, rosul bersabda,” seandainya ada orang dari umatku yg dia bersabar kesusan hidup di madinah dan meninggal di madinah, niscaya aq akan memberikan syafaat atau aku akan bersaksi baginya
Hr tirmidzi hasan sohih oleh beliau, dan sahih oleh ibnu hiban dan syeh al Albany
Rosul bersabda,”siapa yg bisa menempati di kota madinah, maka hendaknya dia mati didalamnya. Maka sy akan memberikan syafaat bagi siapa yg mati didalamnya”.
6.       Membaca shalawat nabi
Hr ibnu hiban, hasan oleh al mughari, ibnu katsir
Rosul bersabda,”barang siapa yg bersalawat pada Muhammad”wahai allah berilah Nabi Muhammad kedudukan yg dekat dgMU di hari kiamat” maka dia mendapatkkan syafaatku”
Peringatan berkenaan dg shalawat.
a.        shalawat yg paling utama adalah sholawat ibrahimiah.
b.      Perlu diperhatikan, membaca shalawat tidak harus bersama2 dan diiringi music. Cara2 spt itu diingatkan oleh rosul. Jd baca shalawat ya…baca saja.
c.       Ketika disebukan nama Muhammad, maka Membaca shalawat di dekat telinga kita. Klo ada penceramah yg membaca kata Muhammad, kit abaca Sholallohu ‘alaihi wasalam. Ini harus supaya kita mendapat syafaat.
d.      Kebiasaan menyingkat shalawat.
Banyak kebiasan menyingkat shollallohu ‘alaihi wassalam disingkat dg SAW, itu kebiasaan orang yahudi. Dan itu dilarang.
7.       Disolatinya seorang muslim oleh muslim yang lain.
HR muslim
Rosul bersabda, ketika ada seorang muslim meninggal kemudian disholati 40 orang dan 40 orang itu tidak ada yg melak perbuatan syirik, melainkan rosul akan memberikan syafaat oleh mayat tersebut,
Hr muslim
Aisyiyah, rosul bersabda, setiap ada org muslim yg disolati oleh kelompok kaum muslimin yg jumlahnya sampai 100, mereka semua mendoakan orang tadi, melainkan orang tadi mendapatkan syafaat.
8.       Memperbanyak dzikir
Hr imam ahmad  pr perawi hadis ini adalah yg merawikan hadis bukhari, dan disahihkan oleh syeh al Albany ra
Pembantu nabi suatu saat berkata, sesunguhnya nabi berkata pd ku “apakah kau butuh sesuatu?” ya rosulullah, sy memiliki kebutuhan.
“kamu butuh apa?”
Wahai rosulullah permintaanku adalah engkau memberikan syafaat padaku di hari kiamat
“jk engkau menginginkan permintaan ini, bantulah sy supaya memperbanyak sujud.
Para ulama berpendapat yg dimaksud perbanyak sujud disini adalah perbanyak sholat
Penyimpangan syafaat yg terjadi ada 2 macam
1.       Penyimpangan syafaat kepada nabi dan orang2 sholeh yg sudah meninggal
Contoh; ada adab ziarah rosul, hendaknya yg berziarah mengucapkan “wahai rosulullah, kekasih allah, nabi akhir jaman, BERIKANLAH SYAFAATMU PADA KAMI di akhirat”
Jadi disini org meminta syafaat pada nabi, bukan pada allah.

Dlm Kitab ………………khoirot, yg isinya dzikir2 wirid2 yg banyak penyimpangan, diantaranya ada isinya “wahai kekasih kami muhammad, sesungguhnya kami bertawasul denganmu kepada allah , berilah syafaatmu ini pada kami

Buku karya novel al idrus…………..org yg bertawasul itu mengaku banyak dosa dan kemungkinan kecil diiampuni, maka dia minta syafaat kepada seseorang yg dicintai oleh allah. Inilah hakekat tawasul. Itu kata buku itu.

Contoh ada di dalam qasidah jordan, nabi muhammad adalah orang yg dicintai, yg diharapkan syafaatnya untuk setiap musibah dari musibah yg datang.
Buku ‘petunjuk praktis walisongo”
Diantara adab  ziarah kubur para walli, mengucapkan salam dg redaksi
“assalamu’alaikum ya walisonggo, salam sejah tera wali songo. Innakum rohimiina wa (kami datang kepadamu keinginan kami dan kamidatang ke kuburanmu utk berziarah, dan kami minta syafaat padamu yaitu para wali)
Buku petunjuk praktis ziarah walisongo
“wahai para walisongo berdirilah dan berilah syafaat pada kami”


2.       Melaksanakan berbagai amalan yg tak disyariatkan dg harapan akan mendatangkan syafaat.
Ada sebuah buku karya kyai hj makfunm
Disitu disebutkan bahwa barang siapa ziarah kemakan rosul itu akan mendapatkan syafaat.
Ada hadis yg berbunyi”barangsiapa yg menziarahi kuburku, maka akan mendapat syafaatku” ini adalah hadis palsu.
Petunjuk praktis ziarah walisongo
Hikmah dan faedah ziarah kubur adalah mendapat barokah,manfaat, syafaat dan karomah nabi dan para wali.
Tidak ada hadis sahih ttg hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar